get app
inews
Aa Read Next : Berpengalaman dan Berprestasi, KH Rofiq Mahfudz Adalah Solusi Bagi PWNU Jateng 

Harlah ke-89 GP. Ansor Manifestasi Hablumminallah, Hablumminannas dan Hablumminal alam

Jum'at, 28 April 2023 | 10:53 WIB
header img
Pada tanggal 24 April 2023 Gerakan Pemuda (GP) Ansor telah genap berusia 89 tahun, (Foto : Ist)

NAMA Ansor ini merupakan saran KH. Abdul Wahab Hasbullah, “ulama besar” sekaligus guru besar kaum muda saat itu, dahulu KH. Abdul Wahab Hasbullah belajar di Makkah dan pada tahun 1914 pulang dan bertempat di Surabaya. Beliau berasal dari Tambak Beras Jombang dan lahir pada tahun 1888. Ayahnya bernama KH. Hasbullah, salah seorang putra Ny. Fathimah, anak dari K. Sichah.

KH. Abdul Wahab Hasbullah memberikan nama Ansor yang diambil dari nama kehormatan yang diberikan Nabi Muhammad SAW kepada penduduk Madinah yang telah berjasa dalam perjuangan membela dan menegakkan agama Allah. Dengan demikian ANO dimaksudkan dapat mengambil hikmah serta tauladan terhadap sikap, perilaku dan semangat perjuangan para sahabat Nabi yang mendapat predikat Ansor tersebut. Gerakan ANO (yang kelak disebut GP Ansor) harus senantiasa mengacu pada nilai-nilai dasar Sahabat Ansor, yakni sebagi penolong, pejuang dan bahkan pelopor dalam menyiarkan, menegakkan dan membentengi ajaran Islam. Inilah komitmen awal yang harus dipegang teguh setiap anggota ANO (GP Ansor).

Meski ANO dinyatakan sebagai bagian dari NU, secara formal organisatoris belum tercantum dalam struktur organisasi NU. Hubungan ANO dengan NU saat itu masih bersifat hubungan pribadi antar tokoh. Baru pada Muktamar NU ke-9 di Banyuwangi, tepatnya pada tanggal 10 Muharram 1353 H atau 24 April 1934, ANO diterima dan disahkan sebagai bagian (departemen) pemuda NU dengan pengurus antara lain: Ketua H.M. Thohir Bakri; Wakil Ketua Abdullah Oebayd; Sekretaris H. Achmad Barawi dan Abdus Salam.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut