Logo Network
Network

Lestarikan Busana Khas Nahdlatul Ulama, PCNU Kota Salatiga Gelar Jalan Sehat Sarungan

Muhamad Andi Setiawan
.
Sabtu, 04 Februari 2023 | 14:31 WIB
Lestarikan Busana Khas Nahdlatul Ulama, PCNU Kota Salatiga Gelar Jalan Sehat Sarungan
PCNU Kota Salatiga gelar kegiatan jalan sehat sarungan dalam rangka Harlah 1 abad NU, (Foto : Achmad Muzaki/iNews)

SALATIGA,iNewsSalatiga.id - Untuk memperingati hari lahir ( Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) yang sudah berusia satu abad, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Salatiga bekerja sama dengan Pemerintah Kota Salatiga mengadakan acara jalan sehat sarungan pada Sabtu, (04/02/2023) yang dimulai di Gedung DPRD Kota Salatiga.

Acara jalan sehat sarungan ini diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat seperti santri pondok pesantren, santri madrasah diniyah, siswa sekolah dan masyarakat umum Kota Salatiga lainnya.

KH Drs. Zaenuri sebagai Ketua PCNU Kota Salatiga mengungkapkan dalam acara Harlah 1 Abad NU ini PCNU Kota Salatiga mengambil tema besar "Jalan Sehat Sarungan". Tema ini diambil sebagai upaya untuk melestarikan budaya berbusana khas dari Nahdlatul Ulama yang juga terkenal dengan sebutan kaum sarungan.



"Sejak berdirinya, Nahdlatul Ulama (NU) terus memberdayakan masyarakat pinggiran dan pedesaan yang sering memakai sarung, KH Hasyim Asyari dan seluruh pendiri NU saat itu berfokus mendidik masyarakat tingkat bawah di pedesaan dengan pola pendidikan pesantren. Santri itu ciri khasnya memang sarungan, itu murah dan serba guna, maka lewat acara jalan sehat sarungan ini harapannya dapat melestarikan budaya berbusana khas NU yaitu sarunga" Ucap KH Drs. Zaenuri.

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update