get app
inews
Aa Read Next : Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Kecamatan Tuntang Bersatu Sukses Galang Kerukunan Ratusan Pemuda

30 Etnis Hidup Bersama di Kota Kecil Salatiga, Hidup dalam Kerukunan

Jum'at, 09 Desember 2022 | 06:29 WIB
header img
Keberagaman dan toleransi di Kota Salatiga, Jawa Tengah, (Foto : Istimewa)


Saat hari Natal tiba, Badan Kerjasama Gereja se-Salatiga (BKGS) biasanya menggelar perayaan bersama yang diikuti umat Kristen dan Katolik di Salatiga. Biasanya Natal bersama digelar di Alun-alun Pancasila atau di Lapangan Yonif 411.

Perayaan Natal bersama digelar di Alun-alun Pancasila, toleransi dan kerukunan umat beragama begitu terlihat kental. Acara yang dimulai sejak dini hari itu, juga mendapat dukungan dari warga muslim dan pemeluk agama lainnya.

Ketika prosesi perayaan Natal memasuki waktu salat subuh dan pengurus Masjid Darul Amal yang berada di kawasan Alun-alun Pancasila mengumandangkan azan, musik yang sedang mengiringi lagu-lagu rohani mendadak langsung dimatikan. Peserta Natal bersama pun menghentikan aktivitasnya.

Selanjutnya kebaktian dilanjutkan kembali setelah Salat Subuh selesai. Begitu pula dengan pengurus Masjid Darul Amal yang juga tidak menggunakan pengeras suara saat melaksanakan Salat Subuh.

Tak hanya itu, ketika perayaan Natal bersama di Alun-alun Pancasila, warga muslim juga turut membantu kelancaran ibadah Natal dengan mengatur arus lalu lintas untuk memudahkan para warga yang akan mengikuti Natal bersama. Setelah itu, mereka menyalami dan mengucapkan selamat Hari Natal kepada para umat Kristiani.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut