get app
inews
Aa Read Next : Warga Salatiga Dikagetkan dengan Terbakarnya Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun yang Tiba-tiba

Penutupan Bina Desa, GenBI UIN Salatiga Sukses Daftarkan NIB dan Pintar UMKM Belasan UMKM Salatiga

Selasa, 02 Mei 2023 | 12:25 WIB
header img
Kegiatan bina umkm GenBI UIN Salatiga Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, (Foto : Ist)

SALATIGA,iNewsSalatiga.id - GenBI UIN Salatiga sukses adakan bina umkm di Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga. Bina umkm ini merupakan salah satu Program Kerja Bina Desa di Kelurahan Kumpulrejo. Kegiatan ini diawali pelatihan pembuatan NIB dan Sertifikasi Halal pada tanggal 15 Maret 2023 bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Salatiga. Acara tersebut dihadiri belasan umkm se-Kelurahan Kumpulrejo. 

Dalam pelatihan tersebut disampaikan pentingnya NIB bagi umkm karena usaha yang dirintis akan memiliki legalitas dan memudahkan untuk mengakses hal-hal yang terkait di bidang administratif. Dengan data UMKM yang telah tercatat secara administratif , pemerintah dapat dengan mudah memberikan program-program yang membantu UMKM dengan tepat sasaran sesuai kebutuhan. Begitu juga pentingnya sertifikasi halal karena pemerintah pada tahun 2024 kewajibkan sertifikasi halal bagi umkm. 

Pada hari selasa 2 Mei 2023 saat penutupan Bina Desa GenBI UIN Salatiga berhasil mendaftarkan NIB dan Pintar UMKM kepada 12 UMKM yang ada di kelurahan Kumpulrejo. UMKM yang didaftarkan berbagai jenis mulai dari keripik, peyek, tahu bakso, ayam krispi, kue kering hingga penjahit.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut