get app
inews
Aa Read Next : Warga Salatiga Dikagetkan dengan Terbakarnya Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun yang Tiba-tiba

Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Kecamatan Tuntang Bersatu Sukses Galang Kerukunan Ratusan Pemuda

Kamis, 02 November 2023 | 11:17 WIB
header img
Perwakilan karang taruna dari 16 dengan ForKomPimCam Tuntang, panitia, dan tokoh agama, (Foto : Ist)

SALATIGA,iNewsSalatiga.id - Dari Tuntang Untuk Indonesia. Subtema tersebut yang diangkat oleh peserta peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023, melengkapi tema nasional” Bersama Majukan Indonesia”. Acara yang dihadiri oleh 200-an pemuda dari 16 Desa seKecamatan Tuntang tersebut diselenggarakan di halaman Museum Pandanaran, Desa Candirejo Kecamatan Tuntang pada hari Sabtu malam, 28 Oktober 2023.

Hadir dalam acara tersebut Camat Tuntang, Aris Setiyawan, beserta dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( ForKomPimCam), baik dari kepolisian maupun dari Koramil Tuntang. Hadir pula sesepuh dari Forum Kerukunan Umat Beragama.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Kecamatan Tuntang Bersatu tersebut diinisiasi oleh kedua tokoh Kecamatan Tuntang, yaitu Romo Pujiyanto dan Pendeta Samuel Wasikin.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menggalang persatuan dan kerukunan antar pemuda se-Kecamatan Tuntang dan meningkatkan rasa nasionalisme di tengah situasi bangsa yang tengah dilanda gejala menurunnya nasionalisme dan patriotisme warga, juga potensi perpecahan antar warga menjelang tahun politik 2024.

Kegiatan dibuka dengan senandung tembang Jawa, dilanjutkan dengan do'a oleh Kyai Sinwani, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta pengucapan Pancasila dan Ikrar Sumpah Pemuda yang dipandu langsung oleh Camat Tuntang. Beberapa narasumber memberikan tausiah kebangsaan dalam acara tersebut, diantaranya: Camat Tuntang, Romo Pujiyanto, dan Pendeta Samuel Wasikin. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan seni dan budaya dari putra-putri Tuntang, antara lain: Tarian dari salah seorang pemenang acara Festival Genre Kabupaten Semarang, puisi, dan lagu.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut