get app
inews
Aa Read Next : Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Kecamatan Tuntang Bersatu Sukses Galang Kerukunan Ratusan Pemuda

30 Etnis Hidup Bersama di Kota Kecil Salatiga, Hidup dalam Kerukunan

Jum'at, 09 Desember 2022 | 06:29 WIB
header img
Keberagaman dan toleransi di Kota Salatiga, Jawa Tengah, (Foto : Istimewa)

SALATIGA,iNewsSalatiga.id - Sekitar 30 etnis dari seluruh wilayah Indonesia hidup bersama di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Walaupun hidup di Kota Kecil tetapi kerukunan yang ditunjukan antar umat beragaman dan toleransi mereka tidak diragukan lagi.

Mereka tetap bisa hidup berdampingan walau memiliki perbedaan adat istiadat, kepercayaan, agama maupun budaya. Perbedaan yang dimiliki membuat mereka hidup dengan saling menghargai dan menghormati.

Hasilnya, toleransi dan kerukunan umat beragama di kota kecil nan sejuk ini terus menguat, di antaranya dibuktikan saat warga muslim menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idulfitri. Saat Ramadan, umat Kristiani di Salatiga turut menyediakan takjil untuk berbuka puasa bagi warga muslim yang masih dalam perjalanan dan dibagikan rutin kepada warga di beberapa titik pembagian.

Tak hanya itu, ketika umat Islam merayakan Idulfitri, warga non muslim juga turut membantu kelancaran pelaksanaan Salat Idul Fitri di Alun-alun Pancasila dan di tempat lainnya. Usai salat Idulfitri, warga non muslim memberikan ucapan selamat merayakan hari besar agama Islam ini.

Bahkan ada warga non muslim yang bersilaturahmi ke rumah warga muslim untuk mengucapkan selamat Idul Fitri serta saling meminta maaf atas kesalahan masing-masing. Hal ini sudah menjadi tradisi setiap Hari Raya Idulfitri.

"Setiap Idul Fitri, warga non muslim di sini bersilaturahmi kepada warga muslim untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri dan saling meminta maaf. Begitu pula saat warga Kristiani merayakan Natal, kami juga bersilaturahmi untuk mengucapkan selamat Natal," kata Siwi Saptono, warga Perum Sehati, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut