get app
inews
Aa Read Next : Bikin Bangga! Ranking FIFA Timnas Indonesia Melonjak Tinggi Ke-134

Syarat Timnas Indonesia Masuk Piala Asia 2023 Meski Kuwait Kalahkan Yordania

Senin, 13 Juni 2022 | 07:53 WIB
header img
Syarat Timnas Indonesia lolos Piala Asia 2023, (Foto : PSSI)


Berikut klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika skenario di atas tercipta

Kuwait 3-3 = 6 Poin

Yordania 2-2 = 6 Poin

Indonesia 2-2 = 6 Poin

3. Kuwait Menang 2-0 atas Yordania dan Timnas Indonesia Menang Berapa pun atas Nepal

Kuwait dan Timnas Indonesia bakal menempati posisi satu dan dua jika skenario ini terjadi. Sebab, secara selisih gol mereka mengungguli Yordania.

Kuwait memiliki selisih gol +1, Indonesia 0 dan Yordania -1. Otomatis, Kuwait bakal keluar sebagai juara grup, disusul Indonesia dan Yordania.

Berikut klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika skenario di atas tercipta

Kuwait 3-2 = 6 Poin

Indonesia 2-2 = 6 Poin

Yordania 1-2 = 6 Poin

Runner-up Belum Tentu Lolos



Meski finis sebagai runner-up Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tak otomatis lolos ke putaran final. Sebab, hanya lima runner-up terbaik dari enam runner-up fase grup yang diizinkan lolos ke Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia wajib berharap di grup lain, posisi runner-up-nya gagal menyentuh enam angka. Saat ini dari enam runner-up, ada tiga runner-up grup yang belum menyentuh enam poin dari dua pertandingan.

Mereka ialah Timnas Indonesia dari Grup A, Filipina (B) yang mengoleksi empat angka dan Malaysia (E) yang mendulang tiga angka. Potensi Filipina terpeleset di laga pamungkas sangat besar, mengingat mereka bakal jumpa Palestina yang selalu menang dalam dua laga awal.

Sementara itu, Malaysia memang hanya bertemu Bangladesh di laga pamungkas, tim yang selalu kalah dalam dua laga awal. Namun, jangan lupa Bangladesh pernah menahan Timnas Indonesia dalam laga uji coba pada Rabu, 1 Juni 2022 malam WIB.

Jika Timnas Indonesia menang atas Nepal, Malaysia bermain imbang kontra Bangladesh dan Filipina gagal menang atas Palestina, skuad Garuda yang lolos ke Piala Asia 2023.

Tentu harapannya skenario di atas dapat terjadi. Dengan begitu, Shin Tae-yong berhasil meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia untuk pertama kalinya dalam 16 tahun terakhir.
 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut