Logo Network
Network

Syarat Timnas Indonesia Masuk Piala Asia 2023 Meski Kuwait Kalahkan Yordania

Tim iNews.id
.
Senin, 13 Juni 2022 | 07:53 WIB
Syarat Timnas Indonesia Masuk Piala Asia 2023 Meski Kuwait Kalahkan Yordania
Syarat Timnas Indonesia lolos Piala Asia 2023, (Foto : PSSI)

YORDANIA berada di puncak klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan enam poin (selisih gol +2). Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2023 meski Kuwait menang atas Yordania, ini syaratnya!

Kemudian, Timnas Indonesia mengekor di posisi dua dengan tiga angka (selisih gol 0) dan Kuwait di tempat ketiga juga dengan poin yang sama (selisih gol +2). Nepal berada di dasar klasemen dengan koleksi nol poin. Timnas Indonesia mengungguli Kuwait meski kalah selisih gol karena skuad Garuda unggul head-to-head atas sang lawan.



Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menentukan posisi di klasemen jika Timnas Indonesia menang atas Nepal, dan di laga lain Kuwait menang kontra Yordania? Jika skenario ini terjadi, koleksi poin Timnas Indonesia, Yordania dan Kuwait identik yakni enam angka.

Jika kondisi di atas terjadi, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akan membuat klasemen mini. Dalam klasemen mini itu bakal dihitung, hasil yang didapat dalam pertenuan Timnas Indonesia, Kuwait dan Yordania (hasil lawan Nepal tidak masuk hitungan).

Berikut penentuan peringkat berdasarkan klasemen mini: 1. Keunggulan poin, 2. head-to-head, 3. Selisih Gol, 4. Jumlah gol memasukkan.

Hitung-hitungan Timnas Indonesia jika menang atas Nepal dan Kuwait menang kontra Yordania:

1. Kuwait Menang 1-0 Yordania dan Indonesia Menang atas Nepal

Jika kondisi ini terjadi, Timnas Indonesia dan Kuwait akan menempati posisi satu dan dua klasemen akhir. Secara selisih gol saat ketiga tim ini bertemu, sama-sama nol. Namun, Timnas Indonesia dan Kuwait mencetak gol lebih banyak, yakni dua berbanding satu milik Yordania.

Lantas, siapa pemuncak klasemennya? Indonesia berhak berada di puncak. Sebab, Indonesia menang head-to-head atas Kuwait.

Berikut klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika skenario di atas tercipta:

1. Indonesia 2-2 = 6 Poin

2. Kuwait 2-2 = 6 Poin

3. Yordania 1-1 = 6 Poin

2. Kuwait Menang 2-1 atas Yordania dan Timnas Indonesia Menang atas Nepal

Andai Kuwait menang 2-1 atas Yordania atau dengan skor selisih gol yang lebih besar seperti 3-2, 4-3, 5-4 dan seterusnya, Timnas Indonesia tersingkir. Secara selisih gol, baik Kuwait, Yordania dan Indonesia sama kuat yakni sama-sama 0.

Namun, secara jumlah gol, Kuwait lebih unggul dengan koleksi tiga gol. Bagaimana dengan Yordania dan Indonesia? Kedua tim sama-sama mengoleksi dua gol. Namun, Yordania lebih unggul karena menang head-to-head atas Timnas Indonesia.

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update