get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Beberkan Jawaban tentang Bekingan yang Melindungi Ponpes Al Zaytun

Kunjungan Kemitraan ASEAN-AS, Presiden Jokowi Tak Disambut Pejabat Tinggi AS

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:34 WIB
header img
Presiden Jokowi tiba di Washington, (Foto : BPMI Setpres)

JAKARTA,iNews.id - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah buka suara terkait kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Washington DC pada Selasa 10 Mei 2022 waktu setempat tidak disambut pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) saat tiba.

Dia mengatakan, hal ini bisa dimaklumi, karena sifat dari kunjungan ini adalah kunjungan dalam rangka kemitraan ASEAN-AS.
Teuku menyebutkan, praktek diplomasi ada sifat penerimaan yang berbeda, ini yang bersifat multilateral. Sifat kunjungannya juga adalah kunjungan kerja.

"Kita melihat bahwa penerimaan saat tiba, semuanya mendapatkan treatment yang sama. Diterima pada level pejabat senior AS. Kita tidak melihatnya sebagai satu hal yang perlu dirisaukan, ini hal sifatnya teknis protokoler," ujar Teuku dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Dalam aturan protokoler, kunjungan pejabat bukan untuk pertemuan bilateral seperti menghadiri konferensi memang tidak ada penyambutan khusus dari salah satu pejabat tinggi negara tuan rumah. Kendati demikian, tamu negara tetap mendapat pengamanan ketat sesuai protokol kenegaraan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut