get app
inews
Aa Read Next : Muslimat NU Kota Salatiga Peringati Harlah ke-78 di Student Center UIN Salatiga

Mahasiswa IAT UIN Salatiga Gelar Kunjungan Dinamika Agama dan Budaya Lokal di Jawa Timur

Jum'at, 16 Juni 2023 | 10:15 WIB
header img
Mahasiswa IAT UIN Salatiga,(Foto : Ist)

SALATIGA,iNewsSalatiga - Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Salatiga menggelar kunjungan penelitian lapangan yang dilakukan di beberapa tempat di Jawa Timur pada Kamis 08/06/2023. Kunjungan tersebut dikemas dalam Kuliah Kerja Lapangan yang diikuti sebanyak 136 mahasiswa dan 10 dosen serta staf akademik.  

Kegiatan ini merupakan kegiatan khusus yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda, serta memperkaya wawasan pengetahuan khususnya terkait dinamika yang ada dalam masyarakat. Kegiatan ini dikemas dengan metode kunjungan lapangan, hingga mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat khususnya pondok pesantren yang memiliki berbagai tradisi dalam me-livingkan Al-Qur’an.

Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 8-10 juni 2023 dengan mengunjungi beberapa destinasi yaitu: Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Pondok Pesantren Madrosatil Qur’an Tebuireng, UIN Malang, dan ditutup di Kampoeng Qur’an Wijaya Kusuma. Dalam kegiatan tersebut, rombongan UIN Salatiga disambut baik oleh masing-masing Pengasuh dan Pembina lembaga.

Dilakukan secara focus group discussion di masing-masing tempat, sehingga mahasiswa mampu menggali lebih dalam tentang metode, cara pandang, serta konsep yang dilakukan oleh masing-masing tempat dalam rangka me-livingkan Al-Qur’an. Mahasiswa juga diberi waktu untuk menggali lebih dalam mengenai berbagai macam tradisi living Qur’an yang terjadi di masing-masing tempat. Hal ini menambah berbagai perspektif yang sebelumnya belum diketahui.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut