get app
inews
Aa Read Next : Muslimat NU Kota Salatiga Peringati Harlah ke-78 di Student Center UIN Salatiga

Buka Tirai Keadilan: Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Salatiga Gali Peran & Tantangan Komisi Yudisial

Rabu, 07 Juni 2023 | 10:14 WIB
header img
Kunjungan Mahasiswa Fakultas Syari'ah UIN Salatiga ke Komis Yudisial, (Foto : Ist)

JAKARTA,iNewsSalatiga.id - Dalam rangka memperluas wawasan dan mempelajari lebih dalam mengenai sistem peradilan di Indonesia, mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah UIN Salatiga melakukan kunjungan ke Komisi Yudisial (Selasa, 6 Juni 2023). Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa diberi kesempatan untuk menggali peran dan tantangan yang dihadapi oleh Komisi Yudisial dala menjaga keadilan di negara ini.

Komisi Yudisial menyambut baik kunjungan tersebut dan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa, yakni untuk memahami peran dan tantangan yang dihadapi oleh Komisi Yudisial.

Selama sesi diskusi, mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana Komisi Yudisial menangani berbagai aduan terhadap hakim yang diduga melakukan pelanggaran etika atau kewenangan. Para mahasiswa juga mempelajari mengenai proses pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh Komisi Yudisial, termasuk mekanisme penyelesaian sengketa dan disiplin para hakim.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengggali lebih lanjut tentang tantangan yang dihadapi oleh Komisi Yudisial dalam menjalankan tugasnya. Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa dijelaskan tentang salah satu yang menjadi tantangan Komisi Yudusial dalam menjalankan tugasnya adalah menjaga independensi dan integritas lembaga ditengah tekanan politik dan kepentingan yang kemungkinan muncul.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut