get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Beberkan Jawaban tentang Bekingan yang Melindungi Ponpes Al Zaytun

Nasdem Pamitan dengan Jokowi, Apakah Menteri Nasdem Akan Ditendang Dari Kabinet?

Senin, 22 Agustus 2022 | 14:04 WIB
header img
Ketua Nasdem Surya Paloh pamitan dengan Jokowi, (Foto : SINDOnews)

JAKARTA,iNews.id - Isyarat beda Haluan dalam Pilpres 2024 tersirat dalam pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (19/8/2022) yang disebut sebagai pamitnya Nasdem.

Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago berpandangan, Jokowi tidak akan bersikap reaktif terkait dengan sikap Nasdem ini jika memang benar demikian. "Saya pikir enggak semudah itu Jokowi berpikir, terlalu reaksioner Jokowi kalau hanya soal beda haluan Jokowi 2024 dengan Surya Paloh, lalu kader menteri Nasdem akan ditendang di kabinet, terlalu prematur dan terlalu subuh cara mengambil kesimpulan," kata Pangi saat dihubungi, Senin (22/8/2022).

Pangi menjelaskan, alasan lainnya yakni kader Nasdem yang menjadi menteri hari ini juga tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2024. Jadi, apakah Nasdem mau beda haluan atau sama dengan Jokowi, jatah menteri sekarang adalah hasil kerja keras Nasdem sebagai partai pengusung utama Presiden Jokowi sejak Pemilu 2014 dan 2019.

"Jadi enggak semudah itu Jokowi berpikir untuk menendang menteri dari kader Nasdem," imbuhnya.

Pangi pun meyakini bahwa Jokowi adalah presiden yang tahu diri dan pandai berterima kasih. Jadi rasanya tidak mungkin jika Jokowi ingin ribut dengan partai pengusungnya di Pilpres 2019, hanya karena beda haluan di Pilpres 2024, karena memang itu dua kompetisi pilpres yang berbeda. Apalagi, selama ini Jokowi lebih mengedepankan stabilitas politik dalam pemerintahannya.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut