get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Beberkan Jawaban tentang Bekingan yang Melindungi Ponpes Al Zaytun

Bahas Stabilitas Dunia, Presiden Jokowi Hasilkan 5 Poin Penting Bersama Presiden Putin

Jum'at, 01 Juli 2022 | 08:20 WIB
header img
Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Putin bahas masakah pangan dunia, (Foto : Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)


Kedua, seperti saya sampaikan di Kiev, walaupun situasi saat ini sangat sulit, saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan ruang-ruang dialog terus bisa dibuka. Saya telah menyampaikan pesan Presiden Volodymyr Zelensky ke Presiden Putin, dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pimpinan negara tersebut.

Ketiga, saya tadi banyak berdiskusi dan menekankan bahwa pangan dan pupuk adalah masalah kemanusiaan, merupakan kepentingan masyarakat dunia. Ratusan juta orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk, terutama di negara-negara berkembang. Saya sangat menghargai, Presiden Putin tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk, baik dari Rusia maupun Ukraina.

Keempat, demi kemanusiaan, saya juga mendukung upaya PBB untuk reintegrasi komoditi pangan rusia dan komoniti pangan Ukraina, untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia. Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, tadi Presiden Putin sudah memberikan jaminan (keamanan).

Kelima, kami tadi berdiskusi panjang mengenai kerja sama antara Rusia dan Indonesia, baik di bidang investasi, perdagangan, maupun turism yang akan kita tindak lanjuti dengan membentuk tim agar bisa membahasnya secara detail.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut