get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Miyaningsih, Sekolahkan Anaknya Sampai jadi TNI Hanya dari Berjualan Gula Jawa

Kisah 3 Muslimah Hebat Berjuang Hidupi Keluarga, Menjadi Marbot Masjidpun Dijalani

Sabtu, 02 April 2022 | 14:19 WIB
header img
3 muslimah ini dengan hebat berjuang untuk hidupi keluarga, (Foto: IndonesiaDermawan)

Kisah inspiratif datang dari 3 orang muslimah yang berjuang menjadi tulang punggung untuk menghidupi keluarganya.

Banyak perempuan tangguh berjuang mencari nafkah dan mengurusi anggota keluarga. Salah satunya dialami Ibu Pur Eka (54), warga Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Sehari-hari ia menjadi marbot masjid dengan upah Rp400 ribu per bulan.

Saat ini Ibu Pur menggantikan suaminya mencari nafkah. Suami dari Ibu Pur mengalami patah tulang kaki kanan dan gegar otak akibat kecelakaan kerja sebagai buruh bangunan. Selain membiayai keluarga, Ibu Pur juga membiayai pengobatan suaminya, baik medis maupun pengobatan tradisional.

Ia pun tidak tanggung-tanggung menggunakan uang tabungan, bahkan menjual sejumlah barang, untuk kesembuhan sang suami tercinta.

Selain sebagai marbot masjid, Ibu Pur sebenarnya membuka warung kecil-kecilan di rumah. Namun, barang jualan di warung kian hari kian habis. Tidak ada lagi modal yang bisa diputar untuk kembali berdagang.

"Pernah suatu hari saya ingin beli jajanan pentol (sejenis bakso dari tepung tapioka) yang (penjualnya) lewat di depan rumah. Saya tidak punya uang 1 perak pun untuk membelinya. Saya minta tolong ke penjualnya, saya ambil gelas untuk ditukar dengan pentol," ungkapnya.

Selain Ibu Pur, ketegaran juga menjadi jalan hidup Ibu Devi, warga Desa Ngipik, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Guna menghidupi keluarganya, ia menjadi tukang angkut sampah dengan upah Rp1,5 juta per bulan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut