get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Miyaningsih, Sekolahkan Anaknya Sampai jadi TNI Hanya dari Berjualan Gula Jawa

Tidak Lulus SD, Tokoh-Tokoh ini Berhasil Sukses di Kehidupan Nyata

Senin, 06 Juni 2022 | 07:55 WIB
header img
Ilustrasi, (Foto: Ant)

JAKARTA,iNews.id - Tidak semua orang bisa beruntung bisa merasakan bangku sekolah untuk mengenyam pendidikan. Namun, beberapa di antaranya tetap berusaha untuk meraih kesuksesan lewat jalan lain, selain pendidikan formal. Berikut ini tokoh-tokoh sukses yang ternyata tidak lulus sekolah dasar (SD).

Lanny Siswadi

Namanya mungkin tidak banyak dikenal oleh sebagian orang, namun produk usahanya tidak pernah absen menjadi buah tangan dari Kota Surabaya. Produk itu adalah “Sambal Bu Rudy”. Lanny Siswadi merupakan salah satu contoh pengusaha sukses yang tidak tamat SD. Ketika duduk di bangku kelas 4 SD, Lanny terpaksa pindah dari Madiun kota kelahirannya ke Surabaya karena pergolakan politik yang terjadi saat itu.

Cikal bakal kesuksesan usahanya di bidang kuliner bermula pada tahun 1990. Saat itu Lanny mencoba membuat sambal dengan campuran ikan hasil dari memancing yang suaminya lakukan. Ikan tersebut diolah dengan cara dikeringkan dan dicampur dengan sambal bawang racikan Lanny. Awalnya Lanny menawarkan kepada rekan-rekan terdekatnya, lalu mereka menyukainya dan menyarankan Lanny untuk menjual sambal tersebut secara luas.

Akhirnya Lanny mulai menjualnya dengan berkeliling menggunakan mobil pick up. Seiring waktu, ia mulai menyewa tempat dan menjadi titik awal untuk membuka kedai kuliner dan oleh-oleh khas Jawa Timur. Saat ini, Lanny memproduksi ribuan botol sambal setiap bulannya.

Basrizal Koto

Basrizal Koto merupakan salah satu orang sukses dan terkaya di ranah Minang, Sumatera Barat, meskipun tidak tamat SD. Pada usia 12 tahun, ia sudah harus merantau dari Sumatera Barat ke Riau karena keterbatasan ekonomi orang tuanya. Di perantauan, selama 5 tahun ia sempat menjadi kenek, pedagang petai, hingga makelar kendaraan. Selanjutnya Basko, begitu panggilan akrabnya, ke Padang dan berprofesi sebagai penjahit. Dari sini, ia mampu membeli sepeda motor yang terus diperjualbelikan, hingga menjadi sebuah mobil kijang. Inilah cikal bakal kesuksesan Basko.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut