get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Miyaningsih, Sekolahkan Anaknya Sampai jadi TNI Hanya dari Berjualan Gula Jawa

Tertarik dengan Fisika, Bocah 13 Tahun Berhasil Menemukan Asteroid yang Baru

Sabtu, 02 Juli 2022 | 10:06 WIB
header img
Ilustrasi, (Foto : BBC)

JAKARTA,iNews.id - Miguel Rojas, Bocah ajaib berusia 13 tahun berhasil menemukan asteroid baru yang belum pernah dilihat orang lain. Penemuan ini hasil dari ketertarikannya pada luar angkasa, sehingga dia bercita-cita menjadi seorang insinyur roket.

Miguel kemudian menganalisis gambar yang dia terima menggunakan perangkat lunak khusus. Dari situ, dia menulis laporan untuk menggambarkan semua objek yang dia amati.

Seorang astronom profesional meninjau laporan tersebut untuk dibandingkan dengan basis data yang mereka memiliki. Apabila astronom memastikan bahwa objek yang ditemukan tergolong baru, maka itu menjadi sebuah 'penemuan awal'.

Selanjutnya, penemuan awal itu dikirim ke peneliti lainnya yang akan mengamati objek itu melalui teleskop mereka.

Fase ini bisa memakan waktu berbulan-bulan, tetapi apabila beberapa orang setuju bahwa objek itu merupakan objek baru, maka statusnya kini menjadi 'penemuan sementara'.

Editor : Muhamad Andi Setiawan