get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Miyaningsih, Sekolahkan Anaknya Sampai jadi TNI Hanya dari Berjualan Gula Jawa

Keajaiban Sedekah, Jody Mampu Dirikan Waroeng Steak and Shake yang Punyai 107 Cabang

Sabtu, 12 Maret 2022 | 16:30 WIB
header img
Jody Brotosuseno sukses dirikan Waroeng Steak and Shake berkat kekuatan sedekah,(Foto:Youtube Pecah Telur)

Ia menuturkan, enam bulan awal perjuangannya luar biasa. Omzetnya hanya sekira Rp20.000 sampai Rp30.000, bahkan pernah tidak ada pembeli sama sekali. Namun masuk bulan ketujuh, usahanya berkembang setelah diliput oleh media lokal Yogyakarta.

Pembeli banyak yang datang dan omzet usahanya terus bertambah hingga akhirnya dia bisa membuka beberapa cabang. Pada akhir Desember 2000, Jody sudah memiliki 4 cabang. Setelah 22 tahun berdiri, Waroeng Steak and Shake kini mempunyai 107 cabang dengan 1.500-an karyawan.

Jody menceritakan, rahasia Waroeng Steak and Shake sukses terletak pada kekuatan doa dari seluruh karyawan dan sedekah. "Sedekah membuat usaha kita makin besar. Kita ngasih sedekah ke pinggir jalan, jangan lupa minta didoain. Kekuatan doa ini jadi kekuatan kita untuk membesarkan usaha-usaha kita," terangnya.

Jody pun membangun Pesantren SahabatQu yang fokus pada kegiatan menghafal Alquran. Pesantren ini terletak di Yogyakarta. Dia menerapkan prinsip spiritual company dalam usahanya. Jody terinspirasi dari konsep pesantren yang menurutnya patut dicontoh.

"Saya lihat konsep pesantren itu keren. Setelah sholat, semua santri doain keluarga, donatur. Kalau saya punya pesantren semuanya doain, ini luar biasa. Ini spiritual company yang saya mau capai. Enggak usah bikin pesantren, saya punya karyawan 1.500 orang jadikan 'santri'," tuturnya.

Karyawan Waroeng Steak and Shake, lanjut Jody, harus memiliki kebiasaan yang baik sesuai ajaran agama Islam. Sholat tepat waktu, tidak merokok, belajar mengaji, hingga rajin bersedekah. Kebiasaan baik ini perlahan ia terapkan supaya proses bisnisnya lebih berkah.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut