get app
inews
Aa Read Next : Pertemuan Zelensky-Jokowi: Indonesia Diharap Damaikan Ukraina-Rusia

MUI Sebut Agresi Militer Rusia-Ukraina Tak Selesaikan Masalah

Minggu, 06 Maret 2022 | 06:30 WIB
header img
Militer Rusia menyerang wilayah Ukraina. (Foto: Dok/Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Sudarnoto Abdul Hakim dalam keterangan pers menyatakan agresi militer Rusia ke Ukraina tidak akan menyelesaikan masalah, Sabtu (5/3/2022). Pihak Ukraina justru akan semakin melawan Rusia.

"Agresi militer Rusia, apapun motifnya, tidak akan menyelesaikan masalah secara mendasar. Agresi ini justru menimbulkan perlawanan yang semakin kuat dari pihak Ukraina dengan berbagai akibatnya," kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri, Sudarnoto Abdul Hakim.

Menurut dia, pengalaman sejarah di banyak tempat telah menunjukkan perlawanan terhadap agresi akan dilancarkan tidak saja oleh militer, tapi akan melibatkan elemen masyarakat yang luas.

"Inilah apa yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah Ukraina yaitu menyerukan atau memobilisasi kepada semua warga sipil, apapun agamanya, untuk ikut terus melawan membela tanah air dari agresi militer Rusia," katanya.
Dia mengatakan Ukraina sedang memperkuat semangat patriotisme, dan nasionalisme untuk melawan Rusia.

"Karena itu, pendekatan agresif-militeristik ini tidak sekedar akan menghancurkan banyak hal akan tetapi juga tidak akan menyelesaikan persoalan pokok yang dihadapi oleh Rusia dan Ukraina," ucap dia.

Dia juga mengatakan Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya yang tergabung dalam NATO harus mampu mengendalikan diri. Mereka tidak perlu memprovokasi situasi Rusia-Ukraina.

"Kepentingan perdamaian, ketertiban dan keadilan global haruslah menjadi kunci bagi negara seperti Amerika di dalam menyelesaikan konflik-konflik di berbagai tempat termasuk Rusia-Ukraina. Ajaklah ke meja perundingan secara jenuin untuk menyelesaikan dan menghentikan pertempuran sekaligus membangun perdamaian," katanya.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut