get app
inews
Aa Read Next : Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Akan Legalkan Pornografi meski Perang Masih Berkecamuk

Pertemuan Zelensky-Jokowi: Indonesia Diharap Damaikan Ukraina-Rusia

Minggu, 21 Mei 2023 | 14:41 WIB
header img
Pertemuan bilateral Presiden Jokowi-Zelensky di sela KTT G7, Jepang (Foto: Sindonews)

Hiroshima, INewsSalatiga.id - Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bersama Volodymyr Zelensky, Presiden Ukraina. Pertemuan Bilateral ini dilaksanakan di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang pada Minggu (21/05/2023).

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi menyatakan dukungannua terhadap upaya perdamaian di Ukraina, serta kesiapannya untuk menjadi mediator perdamaian.

"Indonesia siap jadi jembatan perdamaian antara Ukraina dan Rusia," kata Jokowi pada keterangan yang dirilis pers Sekretariat Presiden.

Sementara itu, Zelensky menyampaikan apresiasi terhadap peran Indonesia dalam mengupayakan perdamaian Ukraina. Zelensky oun mengatakan jika ia masih meningat bahwa Jokowi termasuk kepala negara yang pertama berkunjung ke Kiev sdi tengah situasi sulit yang kala itu dihadapi Ukraina.

Kedua pemimpin negara tersebut selanjutnya membahas mengenai masalah pangan yang pernah di bahas di Kiev beberapa waktu lalu. Presiden Jokowi menyampaikan dukungannya terhadap perpanjangan program Black Sea Grain Initiative yang sangat penting untuk kelancaran pasokan gandum dunia.

Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa Indonesia berkomitmen untuk turut memberikan bantuan kemanusiaan dan berkontribusi dalam perbaikan salah satu rumah sakit di Ukraina.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut