get app
inews
Aa Read Next : Pemilu 2024 : Wapres Himbau Jaga Keadilan dan Kedamaian

Jaga Persatuan Jelang Tahun Politik : Bakesbangpol Selenggarakan Semiloka Pemikiran Cinta Tanah Air

Kamis, 18 Mei 2023 | 19:56 WIB
header img
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Kota Salatiga menyelenggarakan Semiloka Pemikiran Cinta Tanah Air bagi masyarakat, (Foto : Ist)

SALATIGA,iNewsSalatiga.id, - Bertempat di Aula Kantor Kelurahan Gendongan Kecamatan Tingkir, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Kota Salatiga menyelenggarakan Semiloka Pemikiran Cinta Tanah Air bagi masyarakat pada 17 Mei 2023. Sekitar seratusan warga Salatiga hadir dalam kegiatan tersebut.

Drs. Valentino Tanto Hariwibowo, M.M. selaku Kepala Kantor Bakesbangpol Salatiga menjelaskan, Semiloka ini diharapkan dapat menjaga persatuan masyarakat Kota Salatiga, terutama menjelang tahun politik 2024. Dimana pada tahun tersebut Pemilu akan dilaksanakan. “Kami berharap meskipun masyarakat memiliki perbedaaan dalam pilihan politik, tetapi rasa cinta kepada tanah air dan bangsa Indonesia ini harus ditempatkan di atas perbedaan-perbedaan itu. Kami berharap situasi yang kondusif dapat tetap terjaga di Kota Salatiga khususnya dan di Indonesia pada umumnya.” Tegas Valentino.

Acara tersebut dihadiri dan secara resmi dibuka oleh Pj. Walikota Salatiga, Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, MM. Dalam materinya, Sinoeng mengangkat judul; “Momentum Pemilu Serentak Tahun 2024 Sebagai Wujud Menanamkan Cinta Tanah Air Untuk Membangun Negeri.” Sinoeng menjelaskan, “Pemilu merupakan proses pergantian kekuasaan secara damai yang dilakukan secara berkala sesuai dengan amanat Konstitusi. Semua negara demokrasi pasti menyelenggarakan Pemilu, tapi tidak semua Pemilu berlangsung demokratis.”

Lebih lanjut, pria lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini mengatakan, “Penyelenggara Pemilu berkewajiban untuk menjaga dan melindungi hak-hak politik dan kedaulatan rakyat untuk menyalurkan hak pilihnya dalam setiap pelaksanaan Pemilu. Pemilu diharapkan dapat dilaksanakan secara bebas dan setara (free and fair). Oleh karenanya, Sinoeng berharap pelaksanaan pemilu di Indonesia, wa bil khusus di Salatiga dapat berjalan dengan demokratis, free dan fair. Sehingga akan menghasilkan produk Pemilu yang memiliki kewibawaan dihadapan rakyat.” tegasnya.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut