get app
inews
Aa Read Next : Jaga Persatuan Jelang Tahun Politik : Bakesbangpol Selenggarakan Semiloka Pemikiran Cinta Tanah Air

Pemilu 2024 : Wapres Himbau Jaga Keadilan dan Kedamaian

Senin, 11 September 2023 | 10:59 WIB
header img
Wapres KH Ma'ruf Amin

JAKARTA - iNewsSalatiga.id Wakil Presiden (Wapres) Ma`ruf Amin menghimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang bertindak sebagai badan penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) untuk menjaga keadilan dalam penyelenggaraan pemilu 2024. Menurutnya, dengan ditegakkannya keadilan oleh pihak keamanan yang mengawal jalannya pemilu 2024 bisa meminimalisir adanya perpecahan masyarakat.

“Sebagai penyelenggara Pemilu itu harus betul-betul adil, jangan memihak, jangan kelihatan seperti memihak kepada kelompok tertentu,” himbau Wapres dalam keterangannya, pada Senin (11/9/2023).

Ia juga mengatakan, netralitas badan penyelenggara pemilu harus selalu dijunjung tinggi.

“Nah, itu sikap. Termasuk juga dari pihak keamanan ya, dari pihak penyelenggara Pemilu, itu semua harus betul-betul adil ya,” pesannya.

Ma`ruf Amin mengingatkan agar segala praktek kecurangan harus dikenakan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku dan tanpa pandang bulu agar tidak menimbulkan kecurigaan dari pihak manapun.

“Termasuk juga dalam keadaan kita apabila terjadi pelanggaran, juga harus dikenakan sanksi sesuai dengan aturan dan tanpa padang bulu. Pihak manapun kalau dia melakukan pelanggaran harus ditegakkan sesuai dengan aturan, nah kalau tidak nanti juga akan menimbulkan juga kemarahan dari pihak yang lain. Kalau satu ditindak, yang satu tidak, ada perlakuan-perlakuan yang tidak adil,” ujar Wapres mengingatkan.

Ia juga berpesan kepada kontestan pemilu 2024 untuk bersaing dengan cara yang sehat karena kemenangan yang diraih dengan cara yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik juga.

"Berkontestasilah dengan cara yang baik dan santun, dan, sehingga masyarakat kita tetap utuh dan tidak terbelah, bahkan kita akan menjadi bangsa yang lebih kuat di masa yang akan datang, Tidak menggunakan cara-cara yang tidak santun, kebencian, permusuhan, itu terus didengungkan” terangnya.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut