get app
inews
Aa Read Next : Muslimat NU Kota Salatiga Peringati Harlah ke-78 di Student Center UIN Salatiga

Mahasiswa KKN UIN Salatiga Gentan Gelar Sosialisasi Stunting Bersama Warga

Rabu, 22 Februari 2023 | 16:45 WIB
header img
Mahasiswa KKN UIN Salatiga sukses gelar sosialisasi Stunting bersama Warga Desa di Gedung Balai Desa Gentan, Kecamatan Kranggan, Temanggung, (Foto : Ist)

TEMANGGUNG,iNewsSalatiga.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga Posko 121, 122, dan 123 sukses gelar sosialisasi Stunting bersama Warga Desa di Gedung Balai Desa Gentan, Kecamatan Kranggan, Temanggung, Kamis (09/02/2023).

Acara sosialisasi ini bertujuan meningkatkan gizi untuk tumbuh kembang anak di Desa Gentan dihadiri oleh beberapa perangkat Desa, Ketua Posyandu Kranggan, 35 peserta yang terdiri dari Ibu-ibu PKK dan Ibu muda atau ibu hamil, dan 30 Mahasiswa turut serta dalam memeriahkan acara ini. Semua Mahasiswa di koordinir oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Imam Subqi, M.S.I.

Mahasiswa UIN Salatiga berkolaborasi dengan pihak Puskesmas Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, sosialisasi ini dilaksanakan guna memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya di Desa Gentan mengenai Stunting, meliputi pengertian, gejala, penyebab dan akibat-akibat yang berdampak terhadap tubuh anak, mengingat bahwa pengetahuan dan kesadaran masyarakat di Desa yang masih kurang terhadap permasalahan Stunting ini. Diketahui bahwa dalam beberapa tahun terakhir, angka kasus Stunting di Desa Gentan terbilang cukup tinggi.

Secara Nasional, Pemerintah telah berhasil menurunkan angka stunting dalam kurun waktu tiga (3) tahun. Pravelensi Stunting Nasional dikalangan anak usia di bawah lima tahun sebesar 36,2%, 35,6%, dan 37,2% berturut-turut pada tahun 2007, 2010, dan 2013. Namun, upaya keras dan cerdas tetap diperlukan untuk meredam perlambatan tersebut.

Sri Kiswardiani, selaku Pemateri Sosialisasi Stunting mengatakan, “bahwasannya stunting atau kerdil merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak dibawah dua tahun yang disebabkan kekurangan gizi pada waktu yang lama” ujarnya.

Sosialisasi ini memberikan edukasi pada ibu-ibu hamil dan memiliki balita agar memperhatikan makanan dan gizi anak agar tercukupi, yaitu dengan memberikan gizi yang seimbang, suplementasi kapsul vitamin A, PMHT, dan PHBS.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut