get app
inews
Aa Read Next : Putin : Tentara Ukraina Hanya Dijadikan Umpan Kekuatan Asing, Tidak Nurut Tembak

Sambutan Cinta Pendukung Ketua DPR AS di Taiwan Picu Kemarahan Besar China

Kamis, 04 Agustus 2022 | 17:00 WIB
header img
kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi disambut pendukung di gedung tertinggi Taiwan, (Foto : Reuters)


Militer China mengumumkan latihan udara dan laut bersama di dekat Taiwan mulai Selasa malam (2/8/2022) dan menguji peluncuran rudal konvensional di laut timur Taiwan. Kantor berita negara China Xinhua menjelaskan latihan tembakan langsung dan latihan lain di sekitar Taiwan dari Kamis (4/8/2022) hingga Minggu (7/8/2022).

Diketahui, Pelosi sedang dalam tur Asia yang mencakup kunjungan yang diumumkan ke Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang. Kunjungannya ke Taiwan tidak diumumkan tetapi telah diperkirakan.

Dalam sebuah opini Washington Post yang dirilis setelah Pelosi mendarat, Pelosi menjelaskan kunjungannya, memuji komitmen Taiwan terhadap pemerintahan yang demokratis sambil mengkritik China karena secara dramatis meningkatkan ketegangan dengan Taiwan dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami tidak bisa berdiam diri saat PKC mengancam Taiwan – dan demokrasi itu sendiri,” kata Pelosi, merujuk pada Partai Komunis China.
Pelosi juga mengutip "tindakan brutal" China terhadap perbedaan pendapat politik di Hong Kong dan perlakuannya terhadap Muslim Uyghur dan minoritas lainnya, yang dianggap AS sebagai genosida.

 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut