get app
inews
Aa Read Next : Putin : Tentara Ukraina Hanya Dijadikan Umpan Kekuatan Asing, Tidak Nurut Tembak

Sambutan Cinta Pendukung Ketua DPR AS di Taiwan Picu Kemarahan Besar China

Kamis, 04 Agustus 2022 | 17:00 WIB
header img
kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi disambut pendukung di gedung tertinggi Taiwan, (Foto : Reuters)

TAIPEI,iNews.id - Untuk menegaskan komitmen AS yang tak tergoyahkan mendukung Taiwan ,Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi tiba di Taiwan pada Selasa malam (2/8/2022) waktu setempat. Tetapi China mengutuk kunjungan tingkat tertinggi AS itu dalam 25 tahun sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Pelosi dan delegasi lainnya turun dari pesawat angkut Angkatan Udara AS di Bandara Songshan di pusat kota Taipei setelah malam hari mendarat dengan penerbangan dari Malaysia untuk memulai kunjungan yang berisiko mendorong hubungan AS-China ke titik terendah baru. Mereka disambut Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, dan Sandra Oudkirk, Perwakilan tinggi AS di Taiwan.

Saat iring-iringan mobil Pelosi mendekati hotelnya yang dikawal mobil polisi dengan lampu merah dan biru, sejumlah pendukung bersorak dan berlari ke arah kendaraan hitam dengan tangan terentang dan kamera telepon menyala. Iring-iringan mobil melaju langsung ke tempat parkir hotel.

Pada Selasa malam (2/8/2022), gedung tertinggi Taiwan, Taipei 101, menyala dengan pesan khusus untuk Pelosi: "Selamat datang di Taiwan", "Juru bicara Pelosi" dan "Taiwan (cinta) AS".

Kedatangannya memicu tanggapan marah dari China pada saat ketegangan internasional sudah meningkat oleh invasi Rusia ke Ukraina. China menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawanya di bawah kendalinya. AS memperingatkan China agar tidak menggunakan kunjungan itu sebagai dalih untuk melakukan aksi militer terhadap Taiwan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut