get app
inews
Aa Read Next : Putin : Tentara Ukraina Hanya Dijadikan Umpan Kekuatan Asing, Tidak Nurut Tembak

NATO Tetap Salahkan Rusia Walau Melihat Rudal Nyasar di Polandia Berasal dari Ukraina

Kamis, 17 November 2022 | 13:00 WIB
header img
NATO tetap menyalahkan Rusia atas ledakan rudal di Polandia, (Foto : SINDOnews)

BRUSSELS,iNews.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO Jens Stoltenberg menyatakan Rusia yang bertanggung jawab dalam ledakan mematikan di Polandia walaupun mengetahui bahwa insiden tersebut merupakan hasil dari tembakan anti pesawat Ukraina. NATO menyalahkan Rusia karena mereka adalah pihak yang berada di belakang perang.

Dua orang tewas dalam ledakan pada hari Selasa di timur Polandia, dekat perbatasan dengan Ukraina, dalam sebuah insiden yang memicu kekhawatiran akan eskalasi.

"Penyelidikan atas insiden ini sedang berlangsung, dan kami perlu menunggu hasilnya. Tapi kami tidak memiliki indikasi bahwa ini adalah hasil dari serangan yang disengaja," kata Stoltenberg setelah memimpin pertemuan para duta besar NATO.

“Analisis awal kami menunjukkan bahwa insiden itu kemungkinan disebabkan oleh rudal pertahanan udara Ukraina yang ditembakkan untuk mempertahankan wilayah Ukraina dari serangan rudal jelajah Rusia," sambungnya.

“Tapi izinkan saya menjelaskan, ini bukan kesalahan Ukraina. Rusia memikul tanggung jawab utama karena melanjutkan perang ilegal melawan Ukraina,” lanjutnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (16/11/2022).

Stoltenberg mengadakan pertemuan utusan aliansi di Brussel. Dewan Keamanan PBB juga berencana bertemu pada hari Rabu untuk pengarahan yang dijadwalkan sebelumnya tentang situasi di Ukraina.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut