get app
inews
Aa Read Next : Putin : Tentara Ukraina Hanya Dijadikan Umpan Kekuatan Asing, Tidak Nurut Tembak

Sambutan Cinta Pendukung Ketua DPR AS di Taiwan Picu Kemarahan Besar China

Kamis, 04 Agustus 2022 | 17:00 WIB
header img
kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi disambut pendukung di gedung tertinggi Taiwan, (Foto : Reuters)


"Kunjungan delegasi kongres kami ke Taiwan menghormati komitmen teguh Amerika untuk mendukung demokrasi Taiwan yang semarak," kata Pelosi dalam sebuah pernyataan tak lama setelah mendarat. "Solidaritas Amerika dengan 23 juta orang Taiwan lebih penting hari ini daripada sebelumnya, karena dunia menghadapi pilihan antara otokrasi dan demokrasi,” lanjutnya.

Pelosi, yang berada di urutan kedua dalam garis suksesi kepresidenan AS, adalah seorang kritikus China sejak lama.

Kantor kepresidenan mengatakan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen akan bertemu dengan Pelosi pada Rabu pagi (3/8/2022) waktu setempat dan kemudian makan siang bersama. Pelosi diketahui bepergian dengan enam anggota parlemen AS lainnya. Dia tercatat menjadi pemimpin politik AS paling senior yang mengunjungi Taiwan sejak 1997.


Sementara itu, Kementerian luar negeri China mengatakan telah mengajukan protes keras kepada AS, dengan mengatakan kunjungan Pelosi sangat merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, "memiliki dampak yang parah pada landasan politik hubungan China-AS, dan secara serius melanggar kedaulatan dan teritorial China. integritas."

Pesawat-pesawat tempur China mendengung di garis yang membelah Selat Taiwan sebelum kedatangannya. kementerian pertahanan mengatakan militer China telah disiagakan tinggi dan akan meluncurkan "operasi militer yang ditargetkan" sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut