get app
inews
Aa Read Next : Madrasah Diniyah Pagar Betis NKRI

Napak Tilas Guru Bangsa Kiai Sholeh Darat, Sang Guru Pendiri NU-Muhammadiyah

Senin, 01 Agustus 2022 | 14:48 WIB
header img
Perjalanan pendidikan sang guru bangsa Kiai Sholeh Darat, (Foto : kampusnesia.com)

SEMARANG,iNews.id - Siapa yang tidak kenal dengan Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan. Dua tokoh yang mendirikan ormas keagamaan terbesar di Indonesia, NU dan Muhammadiyah. Namun dibalik besarnya dua tokoh ini mereka pernah belajar pada satu guru yang sama, yaitu Kiai Sholeh Darat.

Kiai Sholeh Darat merupakan Waliyullah asal tanah Jawa yang terkenal. Makam Kiai Sholeh Darat berada di kompleks permakaman Bergota Kota Semarang, Jawa Tengah. Sholeh Darat memiliki nama asli Muhammad Sholeh ibn Umar al Samarani. Kiai Sholeh Darat lahir di Desa Kedung Jumbleng, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara sekitar tahun 1820/1235H.

Dalam kitab-kitab yang ditulisnya, Mbah Sholeh Darat sering menggunakan nama Syekh Haji Muhammad Shalih ibn Umar al Samarani, seperti dikutip dari laman Laduni, Minggu (31/7/2022).

Pemberian nama Darat disematkan kepada Kiai Sholeh karena tinggal di kawasan dekat pantai utara Kota Semarang, yakni tempat berlabuhnya orang-orang dari luar Pulau Jawa.

Kini nama Darat tetap lestari dan dijadikan prasasti nama kampung, Nipah Darat dan Darat Tirto. Saat ini kampung Darat masuk dalam wilayah Kelurahan Dadapsari, Kecamatan Semarang Utara.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut