get app
inews
Aa Read Next : Saudi Apresiasi Layanan Haji Indonesia di Bandara

Menag Yaqut: Prestasi Haji Hasil Kerja Bersama dan Kebanggaan Milik Bangsa

Kamis, 07 Juli 2022 | 10:30 WIB
header img
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, (Foto : Dok)

MEKKAH,iNews.id - Amirul Hajj sekaligus Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai, hingga jelang prosesi puncak, penyelenggaraan haji Indonesia berjalan dengan baik. Namun Menag mengingatkan bahwa prestasi ini masih akan diuji lagi pada masa krusial yakni ritual ibadah Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Kesuksesan penyelenggaraan haji, tandas Menag, sejatinya adalah keberhasilan bersama dan milik bangsa dan negara.

"Jika hari ini kita menerima banjir pujian dari jemaah. Mulai dari pelayanan kesehatan, pemondokan, hingga pelayanan petugas, saya ingatkan, ini adalah kerja sama dari semua pihak. Ini bukan hanya Kementerian Agama,” kata Gus Men, panggilan Menteri Agama ketika memberikan sambutan Malam Ta'aruf Petugas Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Gedung Wardstul Baidho, Mekkah, Selasa (6/7/2022) malam.



Kementerian Agama, kata Gus Men, tidak akan bisa berbuat jika tidak ada peran pihak lain yang membantu. DPR, DPD, Kementerian Kesehatan, BPK, beberapa kementerian dan lembaga, serta berbagai pihak lain. Dengan kesadaran ini maka semua pihak memiliki andil yang sangat besar yang membuat pelaksanaan haji tahun ini bisa lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Ini bukan hanya Kementerian Agama. Kebetulan saja kita yang ditugasi secara teknis. Jika ada kebaikan dalam pelaksanaan haji kali ini, maka poin kebaikan itu harus diterima oleh negara. Ini kebanggaan bagi bangsa dan negara. Pujian keberhasilan haji untuk negara,” tandas Menag.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut