get app
inews
Aa Read Next : SEVENTEEN Rilis Versi Orkestra Lagu MAESTRO, Bagaimana Pendapatmu?

Berfikir Visioner Dunia Gemilang Akhirat Cemerlang

Minggu, 03 Juli 2022 | 07:31 WIB
header img
Dosen Pascasarjana UIN Salatiga, Dr. H.Mukh. Nursikin. M. SI, (Foto : Dok)

 

الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ Agama adalah nasihat. Agama adalah jalan untuk menuju kesuksesan dunia akhirat. Agama Islam mengajarkan kepada kita untuk berpikir Visioner, berfikir dan merenung jauh ke depan untuk masa depan kita nanti.

Orientasi agama, kita diajak berpikir tentang kematian dan  juga akhirat, tentunya dimana kematian ini belum pernah kita jalani, dengan target dan harapan kematian yang tentunnya adalah husnul khatimah (sebuah kematian yang berakhir dalam kondisi yang baik atau diridhai Allah SWT).

Target  ini tentunya harus jelas goal dan tujuannya. Kalau ada yang bertanya apakah kesuksesan itu? Dalam terminologi agama tentunya kesuksesan itu sesungguhnya tidak bisa diukur dalam keberhasilan duniawi belaka.

Karena kesuksesan versi agama untuk manusia itu sebenarnya adalah ujian, dimana ujian yang Allah Swt berikan kepada manusia baik didunia dan akhirat.

Misalnya kita punya jabatan yang mentereng, dihormati dan kagumi semua orang, tentunya belum tentu sukses dalam pandangan Allah Swt. Kita punya gelar berderet-deret, penghasilan pundi-pundi harta dan emas yang melimpah, rumah yang megah bagaikan istana, mobil yang mewah, suami ganteng istri yang cantik, anak-anak yang pandai dan lainnya, tentunya semuanya itu bukanlah tolak ukur kesuksesan yang sejati.

Kesuksesan sejati yang sesungguhnya adalah jikalau kita meraih derajat husul khatimah dalam pandangan Allah Swt. Ada pepatah mengatakan janganlah takut mati, takutlah setelah kematian. Tentunya balasan seperti apa yang akan Allah Swt berikan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut