get app
inews
Aa Read Next : SEVENTEEN Rilis Versi Orkestra Lagu MAESTRO, Bagaimana Pendapatmu?

Berfikir Visioner Dunia Gemilang Akhirat Cemerlang

Minggu, 03 Juli 2022 | 07:31 WIB
header img
Dosen Pascasarjana UIN Salatiga, Dr. H.Mukh. Nursikin. M. SI, (Foto : Dok)

Kita juga diajak berpikir tentang alam Barzakh (alam antara sesudah mati dan hari kebangkitan,di alam ini manusia diberi nikmat jika ia beriman dan beramal saleh, sebaliknya jika ia adalah seorang yang kafir atau banyak berbuat dosa, akan mendapat siksa), yang membuat kita harus berhitung dan memikirkan bagaimana keadaan kita dialam sana nanti.

Apakah selama menunggu datangnya hari kiamat nanti kita dalam keadaan nyaman sentosa ataukah dalam keadaan celaka disebabkan perbuatan atau amal kita sendiri.

Kita juga diajak berhitung tentang Yaumul Hisab atau hari perhitungan amal nanti dan kita pun diajak berpikir tentang surga dan neraka, tempat tinggal terakhir kita nanti.

Goal kita tentunya adalah masuk surga, bersama keluarga, berjumpa dengan Allah Swt., bertemu dengan Rasulullah Saw tercinta.

Dalam hidup, tentunya kita harus balance. Tidak hanya urusan akhirat saja yang perlu kita pikirkan, namun juga urusan duniapun harus kita fikirkan, sebagai contoh bagaimana keadaan keluarga dan anak-anak kita jikalau kita meninggal terlebih dulu.

Dalam konteks ini karena Allah Swt. menghendaki kita meninggalkan mereka.  Kita tidak ingin meninggalkan generasi yang lemah, sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْ تَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعٰفًا خَا فُوْا عَلَيْهِمْ ۖ فَلْيَتَّقُوا اللّٰهَ وَلْيَقُوْلُوا قَوْلًا سَدِيْدًا

walyakhsyallaziina lau tarokuu min kholfihim zurriyyatang dhi'aafan khoofuu 'alaihim falyattaqulloha walyaquuluu qoulang sadiidaa

"Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 9)

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut