Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah, Mahasiswa UIN Salatiga Siap Publikasikan Banyak Karya

Tim iNewsSalatiga
Forum Mahasiswa Magister Hukum Keluarga Islam UIN Salatiga menggelar pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah, (Foto : Ist)

Sesi ketiga terkait cara menggunakan mendeley dan submit jurnal yang disampaikan oleh Ibu Endang Sriani, MH. Mendeley merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk membuat sitasi (bodynote dan daftar pustaka) secara otomatis. Dengan aplikasi ini, author  dapat membuat perpustakaan digital pribadi yang bisa diakses secara online, dengan kapasitas penyimpangan maksimal 2GB. Pemateri menjelaskan bagaimana menginstal aplikasi mendeley, mengenal tools aplikasi dan bagaimana menggunakan aplikasi dalam tulisan karya ilmiah. Serta tips-tips penguasaan aplikasi Mendeley agar efektif dan efisien untuk digunakan.

Meminjam quotes Mahatma Ghandi bahwa “jika kita berusaha maka akan ada dua kemungkinan, yakni berhasil dan tidak berhasil. Tetapi jika kita tidak berusaha maka sudah pasti tidak ada hasil”. Acara ini diharapkan dapat menjembatani peserta agar bisa submit naskah artikelnya kepada jurnal bereputasi. Terutama bagi mahasiswa Magister Hukum Keluarga Islam, setidaknya satu karya yang dapat terpublikasi jurnal dapat menjadi salah satu syarat kelulusan pascasarjana.

Peserta dibimbing untuk praktik secara langsung oleh para pemateri dan mentor, yakni mempraktikkan bagaimana cara mencari jurnal yang sesuai tema dan telah bereputasi, melakukan penyesuaian draft tulisan dengan template jurnal tujuan, serta menggunakan aplikasi mendeley guna sitasi, dan daftar pustaka dengan otomatis dan efisien.

Peserta yang sebelumnya telah menyiapkan draft artikel dengan bimbingan para mentor, dapat mengsubmit  kedalam salah satu jurnal sekaligus menerapkan ilmu-ilmu kepenulisan yang telah diberikan para pemateri dan mentor dalam pelatihan kepenulisan. Pelatihan penulisan dirasa sangat bermanfaat bagi para mahasiswa terutama dalam meningkatkan kapsitas dan skill dalam menulis.



Editor : Muhammad Andi Setiawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network