Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah, Mahasiswa UIN Salatiga Siap Publikasikan Banyak Karya

Tim iNewsSalatiga
Forum Mahasiswa Magister Hukum Keluarga Islam UIN Salatiga menggelar pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah, (Foto : Ist)

Pada sesi pertama, Prof. Dr. Ilyya Muhsin, M.Si menyampaikan materi Teknik penulisan karya ilmiah jurnal. Materi ini merupakan fondasi mendasar bagi para author dalam membuat sebuah karya ilmiah. Prof. Ilyya memberi penjelasan gambaran umum dunia jurnal, menumbuhkan motivasi diri dan persiapan dalam menulis artikel, serta memahami standar artikel yang dapat terpublikasi jurnal yang bereputasi. Penulis diharapkan untuk dapat menulis dengan baik, berawal dari pemilihan ide tema/ judul artikel, teori dan sistematika penulisan agar sesuai dan menarik minat penerbit. Penulis juga perlu mengenal berbagai portal jurnal yang sesuai dengan tema/judul artikel yang kita miliki. Tips-tips dalam penyusunan sistematika jurnal hingga penggunaan fungsi teori dalam tulisan artikel sangat ditekankan dalam materi ini.

Dr. M. Choirul Huda, MH merupakan pemateri pada sesi kedua yang menyampaikan materi cara mencari jurnal tujuan dan penyesuaian template jurnal. Pemateri sekaligus mentor untuk memperdalam teori pada sesi sebelumnya, sehingga dalam sesi ini peserta dituntun secara langsung untuk melihat dan mencoba dalam pencarian portal jurnal. Beliau menyampaikan teknik mencari jurnal bereputasi nasional, internasional serta jurnal melalui pencarian scopus yang dipraktikkan langsung oleh semua peserta pelatihan.

Pada portal jurnal dijelaskan menu-menu yang berada dalam domain jurnal untuk memudahkan kita dalam mengoperasikan jurnal. Mentoring dilanjutkan untuk memilih salah satu jurnal yang dituju oleh peserta pelatihan, dan penyesuaian template jurnal tersebut sebagai langkah awal sebelum melakukan submit jurnal. Motivasi juga dilontarkan mentor sebagai pembakar semangat peserta dalam giat menulis, sebagaimana Ali bin Abi Thalib RA “Ikatlah ilmu dengan menulis”, atau Imam Al-Ghazali “Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”, terakhir dari Kuntowijoyo bahwa “syarat untuk menjadi penulis ada tiga, yaitu: menulis, menulis, menulis”.



Editor : Muhammad Andi Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network