get app
inews
Aa Read Next : Istri Zelensky Yakin Warga Ukraina Siap Tersiksa Demi Izin Gabung Uni Eropa

Rusia Kuasai Mariupol,Presiden Ukraina Ancam Hentikan Perundingan Damai kepada Rusia

Senin, 25 April 2022 | 06:45 WIB
header img
Presiden Ukraina ancam hentikan negosiasi damai dengan Rusia, (Foto : Reuters)


Zelensky mengulangi keinginannya untuk melakukan pembicaraan langsung dengan Vladimir Putin, karena perang dapat dihentikan oleh orang yang memulainya. Dia menjelaskan bahwa, menurutnya, negosiasi langsung bisa menjadi cara yang lebih efektif untuk mencapai perdamaian daripada berbicara melalui mediator.

“Saya ingin menghentikan perang dan mengakhirinya. Ada jalur diplomatik dan jalur militer. Setiap orang yang sehat memilih jalur diplomatik karena dia tahu bahwa meskipun sulit, itu dapat mencegah hilangnya jutaan orang, ”kata Zelensky.

Putin, sementara itu, tidak mengesampingkan pertemuan pribadi dengan Zelensky, tetapi menekankan bahwa itu akan tergantung pada kemajuan pembicaraan antara tim perunding.

Mengomentari kunjungan mendatang Jenderal Keamanan PBB Antonio Guterres ke Moskow, Zelensky mengklaim bahwa tidak logis bahwa dia akan melakukan perjalanan ke Rusia sebelum berbicara dengan Kiev, tetapi pemimpin Ukraina itu menyatakan kesiapannya untuk melakukan pembicaraan dengan Guterres juga.

Kondisi Ukraina untuk penyelesaian damai, menurut Zelensky, tetap sama: jaminan keamanan untuk Kiev dan "nasib Donbass dan Krimea", kemerdekaan yang ditolak mentah-mentah oleh Kiev.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut