get app
inews
Aa Read Next : Wajah Kota Madinah Selama Ramadan, Setiap Shalat Rawatib Seluruh Toko Tutup

Penjelasan Ayat Puasa oleh Lima Ulama Besar Dunia

Sabtu, 09 April 2022 | 15:43 WIB
header img
Penjelasan tentag ayat wajib berpuasa, (Foto : Pixabay)

 

Ada lima ulama besar yang memberikan penjelasan tekait ayat di atas, yaitu:

  1. Imam ath-Thabari dalam tafsirnya Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an atau dikenal dengan tafsir Ath-Thobari, puasa yaitu menahan diri dari apa-apa yang dilarang oleh Allah. Puasa juga diwajibkan atas umat-umat sebelum umat islam yaitu nashoro, sebagian yang lain mengatakan ahlul kitab. Puasa itu berarti mencegah diri dari makan, minum dan bersetubuh ini adalah ta’wil dari la’allakum tattaquun.                                                        
  2. Ibnu katsir dalam tafsirnya yaitu Tafsir al-Qur'ân al-Adziim, Beliau mejelaskan bahwa perintah puasa ditunjukkan kepada orang-orang beriman, berpuasa adalah menahan diri dari makan, minum dan bersetubuh dengan niat semata-mata karena Allah SWT, karena apa yang dikandung di dalam puasa adalah penyucian dan pembersihan diri dari campuran akhlak yang buruk dan keji serta mempersempit jalan-jalan setan. Puasa pada pada permulaan datangnya islam hanya 3 hari seperti yang terjadi di masa Nabi Nuh sebelum diganti dengan 30 hari di masa Nabi Muhammad SAW.                                                                                  
  3. Imam Jalaluddin as-Suyuthi dalam kitab tafsirnya yaitu tafsir jalalain, beliau menjelaskan bahwa orang-orang beriman diwajibkan berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum mereka yaitu di antara umat manusia agar mereka menjadi orang bertaqwa maksudnya menjaga diri dari maksiat, karena puasa itu dapat membendung syahwat yang menjadi pangkal sumber kemaksiatan itu .                                                                                                                               
  4. Syekh Muhammad Mutawalli asy-Sya’rawi dalam kitab Tafsir wa Khawathiru Al-Qur’an al-Karim mejelaskan bahwa puasa merupakan representasi dari ikatan iman seorang hamba kepada Allah. Artinya Allah tidak mewajibkan puasa kepada orang-orang yang tidak beriman, sebab mereka tidak memiliki interaksi keimanan dengan-Nya. Puasa sendiri bukanlah syariat baru yang diajarkan Nabi Muhammad. Sejak zaman dahulu sudah ada dalam semua agama samawi, dan menjadi salah satu kewajiban yang sifatnya ta’aabbudi (tidak bisa dinalar oleh akal, meskipun cara puasa antarumat yang satu dengan lainnya berbeda, seperti beda hari, beda cara puasa, dan beda jumlah hitungannya. Beliau menjelaskan maksud ketawaan dalam ayat tersebut adanya jalinan interaksi antara orang-orang yang beriman dengan sifat-sifat agung Allah, atau bisa juga diartikan mengikuti semua jalan yang ditentukan oleh-Nya dan menjauhi semua maksiat yang terlarang. Sebab, kemaksiatan pada hakikatnya muncul disebabkan jiwa-jiwa dan nafsu kotor yang selalu mengajak pada kejelekan.

    Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut