get app
inews
Aa Read Next : Rafael Struick Comeback Bela Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak, Shin Tae-yong: Saya Yakin!

Sejarah Baru! Indonesia Tembus Semi Final Piala Asia U23 Setelah Kalahkan Korea Selatan

Jum'at, 26 April 2024 | 06:35 WIB
header img
Tim nasional sepak bola Indonesia melawan Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024 (sumber: iNews)

DOHA, iNewsSalatiga.id - Tim nasional sepak bola Indonesia berhasil mengamankan kemenangan dramatis saat melawan Korea Selatan dengan skor 11-10 melalui adu penalti pada perempat final Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari waktu Indonesia Barat. Meskipun pertandingan berakhir imbang 2-2 setelah waktu normal dan babak tambahan, Garuda Muda berhasil melaju ke babak semifinal.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memilih untuk menurunkan tim terbaiknya dalam pertandingan tersebut. Juru strategi asal Korea Selatan itu diperkirakan akan menggunakan formasi 3-4-3.

Ernando Ari kembali menjadi penjaga gawang. Di barisan pertahanan, ada tiga pemain belakang, yaitu Komang Teguh, Rizky Ridho, dan Justin Hubner. Nathan Tjoe-A-On dan Ivar Jenner membentuk duet di lini tengah. Rio Fahmi mendapat kepercayaan sebagai bek sayap kanan, sementara Pratama Arhan bermain di sisi kiri.

Kemudian, Shin Tae-yong memanfaatkan trio yang sering menjadi andalan di lini depan: Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Marselino Ferdinan. Namun, sayangnya, Timnas Indonesia kehilangan konsentrasi di awal pertandingan. Lee Kang-hee berhasil mencetak gol melalui tembakan keras hanya delapan menit setelah pertandingan dimulai.

Tetapi wasit memutuskan untuk membatalkan gol tersebut setelah melakukan peninjauan melalui VAR. Hal ini karena salah satu pemain Korea Selatan tertangkap offside sebelum Lee Kang-hee melepaskan tendangan. Indonesia segera memberikan responsnya. Rafael Struick berhasil mencetak gol pada menit ke-15 melalui tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.

Pencapaian tersebut meningkatkan kepercayaan diri Timnas Indonesia U-23. Di bawah arahan Shin Tae-yong, tim tersebut memiliki keleluasaan dalam mengendalikan bola dan menimbulkan kesulitan bagi Korea Selatan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut