get app
inews
Aa Read Next : Warga Salatiga Dikagetkan dengan Terbakarnya Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun yang Tiba-tiba

Persiapan Sejak Dini, Kondisi Jalan di Salatiga Siap Digunakan untuk Jalur Mudik

Rabu, 12 April 2023 | 05:20 WIB
header img
Kondisi jalan di Salatiga dalam kondisi baik dan siap digunakan dalam perjalanan mudik Lebaran 2023, ( Foto : Okezone)

SALATIGA,iNewsSalatiga.id - Pemerintah Kota Salatiga telah melakukan persiapan sejak dini dalam mempersiapkan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023 yang akan segara datang. Sebanyak r 95,66 persen ruas jalan di Kota Salatiga siap digunakan sebagai jalur mudik lengkap dengan lampu penerangah jalan serta rambu-rambu lalu lintas.

Dijelaskan oleh Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Salatiga Syahdani Onang Prastowo bahwa sepanjang 334,769 kilometer dari total jalan 337, 451 kilometer di Salatiga dalam kondisi yang mantap.

“Sedangkan yang 2,702 kilometer dalam kondisi tidak mantap. Jadi jalan di Salatiga relatif aman," katanya, Selasa (11/4/2023).

Menurut dia, semua medan jalan Kota Salatiga termasuk jalur alternatif sudah hotmix. Namun demikian, penguna jalan diimbau waspada saat melintasi jalur alternatif karena banyak terdapat persimpangan jalan kampung.

"Jalur utama dan alternatif banyak persimpangan jalan. Karena itu, penggunaa jalan harus berhati-hati," ucapnya.


Dalam mempersiapkan jalur mudik Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga telah melakukan beberapa langkah pemetaan. Salahsatunya adalah penyiapan sarana perlengkapan jalan, diantara persiapan penataan jalan tersebut adalah pengadaan rambu papan petunjuk jurusan (RPPJ) portable, guard zone, traffic barrier dan traffic cone.

Kepala Dishub Kota Salatiga Sri Satuti mengatakan, langkah persiapan harus dilakukan sejak dini karena Salatiga merupakan daerah perlintasan yang dilalui jalur jaringan pergerakan nasional dan regional. Baca Juga

"Persiapan sejak dini kami lakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan transportasi, memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada para pengguna jalan, termasuk pemudik. Di samping itu, juga untuk mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang tertib, lancar, aman dan nyaman," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di jateng.inews.id dengan judul " 95,66 Persen Jalan di Salatiga Kondisinya Bagus, Siap Dipakai Jalur Mudik ", Klik untuk baca: https://jateng.inews.id/berita/9566-persen-jalan-di-salatiga-kondisinya-bagus-siap-dipakai-jalur-mudik/all.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut