get app
inews
Aa Read Next : Kalah 1-3, Lionel Messi dan Tim Gagal Masuk Semifinal!

Komunikasi Intensif dan Efektif Mengantarkan Messi Juara Piala Dunia

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:09 WIB
header img
Marwanto, M.Pd Dosen Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan FTIK/Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat, (Foto : Ist)

SEMUA orang pasti kenal dengan Messi. Pemain terbaik dunia 7 kali yang kembali ditasbihkan sebagai pemain terbaik selama pagelaran piala dunia Qatar. Leonel Andres Messi atau La Pulga atau Si Kutu merupakan aktor utama dan berperan penting Argentina meraih piala dunia 2022.

Sebagai catatan menarik selama berlangsungnya panggung piala dunia. Lionel Messi berkontribusi dalam 10 gol yang dicetak Argentina di Piala Dunia 2022 dengan rincian tujuh gol dan tiga assist. Bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu juga menerima Golden Ball atau penghargaan pemain terbaik. Argentina sendiri terakhir kali meraih juara 36 tahun lalu, tepatnya pada Piala Dunia 1986.

Sudah satu bulan yang lalu pagelaran ini berakhir, namun ada hal yang dapat dipelajari dari seorang Messi melalui sepak bola yakni kepemimpinan, Altruisme, dan komunikatif. Seorang pemimpin sangat dibutuhkan dalam pertandingan seperti wasit, captain, dan pelatih. Messi sendiri seorang bintang dan captain yang memimpin rekan-rekannya di lapangan. Sebagai seorang pemain terbaik dunia dan senior altruisme dikedepankan dan mampu menyingkirkan egoisme pribadi. Tentu yang menjadi faktor utama keberhasilannya adalah komunikasi intensif dan efektif saat berada di lapangan.

Dalam pagelaran piala dunia di Qatar merupakan panggung bagi para pemain kelas dunia dari negara masing-masing dan sekaligus pentas hiburan bagi seluruh masyarakat dunia. Aksi-aksi menawan disertai dengan skill para pemain kelas dunia. Orang pasti tahu Cristiano Ronaldo, kompetitor Messi yang acap kali mengganggu dominasi sebagai pesepak bola nomor wahid. Bila membawa bola, maka setiap penjaga gawang manapun akan ketar-ketir dibuatnya. Brazil mempunyai Neymar junior, pemain yang mempunyai skill jempolan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut