get app
inews
Aa Read Next : Muslimat NU Kota Salatiga Peringati Harlah ke-78 di Student Center UIN Salatiga

Mengenal Lebih Dekat Guru Besar Termuda UIN Salatiga

Kamis, 12 Januari 2023 | 15:12 WIB
header img
Prof. Dr. H. Ilyya Muhsin, S.HI, M.Si, (Foto : Ist)

SOSOKNYA santun, bersahaja, humoris dan murah senyum. Itulah kesan pertama yang muncul ketika tim iNews Salatiga berjumpa dengan Prof. Dr. H. Ilyya Muhsin, S.HI, M.Si. Baru-baru ini, Ia menerima Surat Keputusan (SK) sebagai Guru Besar bidang sosiologi Islam dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Prof. Ilyya (sapaan akrab Beliau) mencapai jabatan akademik tersebut dalam usia 43 tahun, dan merupakan guru besar termuda yang dimiliki oleh UIN Salatiga.

Kepada tim iNews Salatiga, Prof Ilyya menceritakan pengalaman hidupnya. Dilahirkan di Salatiga tahun 1979 dari pasangan H. Akhsin dan Hj. Umi Hasanah. Pada usia balitanya, ia dan keluarganya hijrah (pindah) domisili dari Salatiga ke Pati mengikuti ayahnya yang asli orang Pati. Riwayat pendidikannya dimulai dari SDN 01 Tambahmulyo Jakenan. Jenjang pendidikan menengah ditempuh di MTs Salafiyah Kajen dan melanjutkan di MAKN MAN 1 Surakarta.

Jenjang pendidikan tinggi ditempuh di Fakultas Syaraih IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Meskipun memiliki latar belakang S1 bidang hukum Islam, namun ternyata Ia memiliki ketertarikan tinggi terhadap kajian-kajian Sosiologi. Prof. Ilyya menceritakan, justru pada masa kuliah S1 ini banyak mengkaji buku-buku dan mendalami pemikiran para sosiolog dunia. Sebut saja misanya, buku-buku karya Ibnu Khaldun, Karl Marx, Emile Durkheim, Pierre Bourdieu, Talcott Parsons, Adam Smith, Edmund Husserl, Levi Strauss dan lain sebagainya telah dikhatamkan.

Berangkat dari ketertarikan terhadap ilmu sosiologi tersebut, lantas Ilyya melanjutkan jenjang pendidikan S2 dan S3 pada program studi sosiologi UGM Yogyakarta. Gelar doktor didapatkan pada tahun 2015.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut