get app
inews
Aa Read Next : Putin : Tentara Ukraina Hanya Dijadikan Umpan Kekuatan Asing, Tidak Nurut Tembak

NATO Tetap Salahkan Rusia Walau Melihat Rudal Nyasar di Polandia Berasal dari Ukraina

Kamis, 17 November 2022 | 13:00 WIB
header img
NATO tetap menyalahkan Rusia atas ledakan rudal di Polandia, (Foto : SINDOnews)


Ledakan di Polandia pasti akan turut di bahas. Sementara itu, Polandia pada Rabu pagi mengonfirmasi bahwa sebuah rudal jatuh di timur negara itu, saat Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan "tidak mungkin" ditembakkan dari Rusia.

Dalam pernyataan mereka, Polandia dan NATO menggunakan bahasa yang menunjukkan bahwa mereka tidak menganggap ledakan rudal itu sebagai serangan Rusia yang disengaja, setidaknya untuk saat ini. Sebuah pernyataan NATO menyebutnya sebagai "insiden tragis".

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky awalnya mengecam ledakan itu sebagai "eskalasi yang sangat signifikan" dan mendorong Biden untuk mengadakan pertemuan darurat para pemimpin G7 dan NATO.

Serangan yang disengaja dan bermusuhan terhadap anggota NATO, Polandia, dapat memicu respons militer kolektif oleh aliansi tersebut.

Tetapi pertanyaan seputar roket itu tetap ada, terutama karena insiden itu terjadi selama serangkaian serangan rudal Rusia melintasi perbatasan terdekat di Ukraina, tidak lebih dari siapa yang menembakkannya.

Rusia sendiri membantah terlibat dalam ledakan di Polandia. Penilaian awal menunjukkan rudal itu diluncurkan oleh pasukan Kiev ke arah rudal Rusia yang masuk dalam salvo penghancuran terhadap infrastruktur listrik Ukraina pada hari Selasa.

Penilaian itu dan komentar Biden pada KTT G20 di Bali bertentangan dengan informasi Selasa pagi bahwa rudal Rusia melintas ke Polandia.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut