get app
inews
Aa Read Next : Simak Doa Nisfu Sa'ban Lengkap Beserta Arti dan Terjemah Latinnya

Larangan Untuk Tajassus Bukan Kritikus

Senin, 17 Oktober 2022 | 12:25 WIB
header img
Dosen Pascasarjana UIN Salatiga, Dr. H. Mukh Nursikin, M. SI. (Foto : Ist)

ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّ ۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًا ۗ اَ يُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُ ۗ وَا تَّقُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ تَوَّا بٌ رَّحِيْمٌ

yaaa ayyuhallaziina aamanujtanibuu kasiirom minazh-zhonni inna ba'dhozh-zhonni ismuw wa laa tajassasuu wa laa yaghtab ba'dhukum ba'dhoo, a yuhibbu ahadukum ay ya-kula lahma akhiihi maitang fa karihtumuuh, wattaqulloh, innalloha tawwaabur rohiim

"Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang."(QS. Al-Hujurat 49: Ayat 12).

Al-Qur‟an diturunkan untuk memecahkan problem-problem kemanusiaan dalam berbagai segi kehidupan, baik rohani, jasmani, sosial, ekonomi maupun politik dengan solusi yang bijaksana, karena All-Quran diturunkan oleh yang Mahabijaksana dan Maha Terpuji. Di dalamnya terdapat banyak hikmah yang dijadikan sumber utama atau landasan bagi umat Islam, yang mana landasan ini akan senantiasa mengikuti peredaran zaman.

Dalam konteks Al-Quran Allah Swt menjadikan manusia dengan berbangsa-bangsa, bersuku-suku agar mereka saling mengenal (ta’arafu) diantara satu dengan lainnya, dan Allah tidaklah melihat dari bangsa apa yang dipandang tinggi oleh Allah swt, akan tetapi Dia Allah Swt akan melihat dari ketaqwaannya.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut