Logo Network
Network

Kenaikan BBM Tidak Berdampak, Batik Solo Trans Masih Tetap Gratis

Antara
.
Rabu, 07 September 2022 | 08:47 WIB
Kenaikan BBM Tidak Berdampak, Batik Solo Trans Masih Tetap Gratis
Bus Batik Solo Trans masih gratis walaupun BBM naik, (Foto : Antara)

SOLO,iNews.id - Tarif Batik Solo Trans (BST) tidak terdampak dengan adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Yang menjadi alasannya dalah karena masih diberlakukan sistem buy the service terhadap moda transportasi tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Taufik Muhammad mengatakan, saat ini tiket BST maupun angkutan feeder masih diberlakukan gratis, sehingga kenaikan harga BBM tidak berdampak langsung kepada penumpang.

"Tapi lebih berdampak ke pelaku usaha," katanya.

Ia mengatakan, mekanisme buy the service merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk penyediaan angkutan umum di beberapa kota di Indonesia dan menggratiskan penumpang agar nyaman menggunakan angkutan umum.

Sistem ini diterapkan pada BST yang beroperasi di Kota Solo dan sekitarnya. Dengan mekanisme tersebut, pengusaha merasakan perbedaan nilai operasional dari nominal yang sudah ditentukan dalam kontrak mengingat buy the service tetap diberlakukan meski harga bahan bakar naik.

"Misalnya kontrak transportasi publik di trayek A yang dulunya sekian tentu tidak bisa lagi dicapai jika kontrak tidak berubah. Artinya jika kontrak tidak berubah maka pelayanannya yang nanti akan mengalami penyesuaian," katanya.

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update