Logo Network
Network

Ingin Bangun Kepercayaan, Sri Mulyani Diminta Jelaskan Pembayaran Utang oleh DPR

Abdul Malik Mubarok
.
Kamis, 01 September 2022 | 14:40 WIB
Ingin Bangun Kepercayaan, Sri Mulyani Diminta Jelaskan Pembayaran Utang oleh DPR
anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun minta Sri Mulyani jelaskan kemampuan bayar utang, (Foto : SINDOnews)

JAKARTA,iNews.id - Menteri Keuangan ( Menkeu) Sri Mulyani diminta anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menjelaskan kepada publik soal kemampuan pemerintah membayar utang . Menurut dia, hal itu penting untuk membangun kepercayaan terhadap pemerintah.

"Kita juga harus mulai membangun confidence (kepercayaan diri) kepada masyarakat bahwa pemerintah yang berutang itu mempunyai ability to pay, kemampuan untuk membayar," kata Misbakhun dalam rapat kerja Komisi XI DPR dengan pemerintah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Wakil pemerintah dalam raker itu adalah Menkeu Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono.

Misbakhun menegaskan, penjelasan soal rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) belum cukup bagi publik. Legislator Golkar itu beralasan masih ada rasio lain, misalnya besar penerimaan pajak berbanding jumlah utang.

Lulusan Jurusan Perpajakan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) itu mengatakan, semestinya pemerintah juga menjelaskan besaran penerimaan pajak yang dipakai untuk membayar utang negara.

Harapannya ada kepastian bahwa pemasukan dari perpajakan mencerminkan kemampuan pemerintah membayar utang, sehingga tidak ada kesan gali lubang tutup lubang.

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update