get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Miyaningsih, Sekolahkan Anaknya Sampai jadi TNI Hanya dari Berjualan Gula Jawa

Tertarik dengan Fisika, Bocah 13 Tahun Berhasil Menemukan Asteroid yang Baru

Sabtu, 02 Juli 2022 | 10:06 WIB
header img
Ilustrasi, (Foto : BBC)

Miguel menemukan asteroid baru itu, yang diberi nama 2021GG40, pada April lalu. Pada Desember ini, dia akhirnya menerima sertifikat atas penemuannya yang ditandatangani oleh IASC, NASA, serta Institut Astronomi Universitas Hawaii.

Adapun, NASA mendefinisikan asteroid sebagai benda serupa batu tanpa udara yang tersisa dari pembentukan awal tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu.

Asteroid mengorbit Matahari seperti planet, tetapi ukurannya jauh lebih kecil. Keberadaan asteroid terkonsentrasi di antara orbit Mars dan Jupiter, wilayah yang kemudian disebut sebagai "sabuk asteroid".

Tetapi, asteroid juga ditemukan di bagian lain tata surya. Asteroid yang dikenal sebagai "Trojan" mengorbit matahari mengikuti jalur yang sama dengan planet-planet tanpa bertabrakan.

Tidak ada asteorid yang berbentuk sama. Ukurannya bisa sangat besar mencapai 530 kilometer, tetapi bisa juga tidak melebihi 10 meter.

Kebanyakan asteroid berupa bebatuan, tetapi ada juga yang mengandung tanah liat atau logam seperti nikel dan besi.

Editor : Muhamad Andi Setiawan