Burung Unta Sukses Diternakan, Warga Sleman Punyai Omzet sampai Rp30 Juta Perbulan

Galih Wisma
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 13:01 WIB
Langgoso Aswin Putra peternak burung unta yang sukses, (Foto : iNews.id/Galih wisma )

SLEMAN,iNews.id - Burung unta yang dalam bahasa latinnya disebut Struthio Camelus sukses diternakan oleh seorang warga Sleman bernama Langgoso Aswin Putra. Seekor burung unta dewasa harganya bisa mencapai puluhan juta.

Usaha ini dirintis Aswin sejak 2017 silam. Dia menangkarkan burung purba ini di halaman rumahnya yang ada di Candi Gebang, Kalurahan Wedomartani, Ngemplak Sleman.Kini dia memiliki beberapa ekor burung unta baik anakan maupun indukan.

“Untuk menetaskannya, butuh mesin yang saya buat sendiri,” katanya.

Menurutnya, perawatan burung unta sangat mudah seperti merawat unggas lainnya. Begitu juga pakan yang diberikan juga tidak jauh berbeda. Hanya telur yang dihasilkan harus ditetaskan dengan alat bantu.

Terpenting adalah menjaga kebersihan kandang. Biasanya dia akan membersihkan kandang pada pagi dan sore hari, bersamaan dengan memberikan pakan.

Anakan burung unta akan siap dilepas kepada konsumen ketika usianya sudah dua minggu. Sedangkan untuk dewasa tingginya bisa mencapai tiga meter. Setiap bulannya, Aswin bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp30 juta.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini