Nuansa Hari Pertama Ramadan di Palestina, Bulan Serba Hijau

Syarifudin
Kuliner khas Palestina untuk menyambut bulan suci Ramadan, (Foto : Sindonews)

JALUR GAZA,iNews.id - Datangnya bulan suci Ramadan tahun sungguh disambut gembira oleh semua umat muslim di seluruh dunia, banyak tradisi unik dari berbagai negara untuk menyambut datangnya bulan yang penuh berkah ini.

Di Palestina ada tradisi yang terkait buka puasa pertama bulan ini, yaitu menyajikan hidangan yang didominasi warna hijau atau putih. 

Dalam istilah praktis, ini sering berarti resep yang menggunakan daun molokhia atau yogurt sebagai bahan utamanya.

Amal Al-Khalili, ibu rumah tangga dari Gaza, mengatakan pada hari pertama Ramadhan setiap tahun dia menyiapkan molokhia, semacam rebusan yang terbuat dari daun dengan nama yang sama.

Pada tahun-tahun ketika daun itu sedang tidak musim selama Ramadhan, sehingga tidak dapat dibeli segar, daun-daun itu dibeli jauh sebelum bulan puasa lalu diawetkan dan disimpan.

“Kami melihat bulan Ramadhan sebagai bulan yang serba hijau, penuh dengan kebaikan dan pahala, jadi saya memasak molokhia, yang saya pelajari dari ibu saya,” ungkap Amal Al-Khalili, dilansir Arab News. 

“Kami melihat bulan Ramadhan sebagai bulan yang serba hijau, penuh dengan kebaikan dan pahala, jadi saya memasak molokhia, yang saya pelajari dari ibu saya,” ujar Al-Khalili. Dia menjelaskan, “Sekarang anak perempuan saya yang sudah menikah juga memasak molokhia di hari pertama Ramadhan.” Molokhia disiapkan dengan dua cara utama.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network