Puncak Omicron sudah Terlewati, Satgas Sebut Kasus Positif Mulai Menurun

Binti Mufarida
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita ungkapkan kasus varian omicron telah melewati puncaknya (foto: istimewa)

Wiku juga mengungkapkan kabar baik lainnya adalah persentase kesembuhan yang kembali mengalami peningkatan setelah sebelumnya sempat turun drastis dari 96% menjadi 86% di tanggal 20 Februari.

“Saat ini persentase kesembuhan telah meningkat menjadi hampir 90%. Peningkatan kesembuhan ini dibarengi dengan mulai turunnya angka keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 nasional selama 10 hari terakhir dari 38,79% menjadi 28,2%,” papar Wiku.

Meski begitu, kata Wiku, kesiagaan menuju periode transisi dan adaptasi terus ditingkatkan dengan menambah jumlah tempat tidur. “Dan per tanggal 7 Maret 2022 jumlah tempat tidur isolasi di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 94.000.”

“Kemudian untuk jumlah kasus aktif nasional pada pekan terakhir memang mengalami penurunan sebesar 97.000 kasus setelah 8 pekan sebelumnya mengalami kenaikan. Tapi jika dilihat angka kasus aktif saat ini masih terbilang tinggi. Per tanggal 7 Maret 2022 tercatat jumlah kasus aktif sebanyak 448.273 kasus. Sehingga seluruh upaya penanganan Covid-19 harus terus dilakukan secara konsisten meskipun kasus di nasional sudah menunjukkan penurunan,” pungkasnya.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network