Problematika Minyak Goreng di Negeri Kaya Sawit

Tim iNews.id
Kelangkaan minyak goreng,(Foto/Okezone)

Kenaikan harga minyak goreng memicu kepanikan di masyarakat beberapa waktu ini. Kelangkaan minyak goreng terjadi merata dihampir seluruh Indonesia. Kalaupun ditemui minyak goreng curah maupun kemasan sudah dipastikan harga yang didapat sangat tinggi. Tentunya ini semakin membebani masyarakat menengah bawah. Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan berusaha mencarikan solusi untuk mengatasi tingginya harga minyak goreng di pasaran.

Sekitar pertengahan bulan Januari 2022, Kementerian Perdagangan menyalurkan sekitar 1,2 M liter minyak goreng kepada masyarakat. Penyaluran minyak goreng ini dimaksudkan untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng dan menjaga kestabilan harga. Kementerian Perdagangan mematok harga eceran minyak goreng sebesar Rp. 14.000/liter. Sebenarnya harga minyak goreng Rp.14.000/liter masih tergolong mahal apabila dibandingkan harga minyak goreng negara jiran Malaysia. Harga minyak goreng di Malaysia saat ini hanya sekitar RM 2,5/liter atau setara Rp. 8.500/liter. Harga yang jauh lebih rendah dibandingkan di Indonesia.

Subsidi dari kerajaan merupakan kunci utama murahnya harga minyak goreng di Malaysia. Bagaimana dengan Indonesia? Kebijakan subsidi minyak goreng di negara kita baru dilakukan baru-baru ini setelah terjadi kenaikan harga minyak goreng terus menerus. Pemerintah menetapkan harga minyak goreng sebesar Rp. 14.000/liter. Namun kebijakan ini belum berjalan secara maksimal mengingat belum ada regulasi yang jelas tentang subsidi minyak goreng di Indonesia. Harga minyak goreng Rp. 14.000/liter belum sepenuhnya dinikmati semua lapisan masyarakat.



Editor : Muhammad Andi Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network