Perang Rusia - Ukraina Pecah, Taiwan Khawatirkan Serangan China

Susi Susanti
Rakyat Taiwan protes atas serangan Rusia terhadap Ukraina,(Foto/The Guardian)

Ada spekulasi tentang apakah Beijing mungkin menggunakan krisis ini untuk bergerak menyerang ketika dunia fokus pada Ukraina. “China mungkin berpikir untuk menggunakan aksi militer terhadap Taiwan setiap saat,” kata menteri luar negeri Taiwan, Joseph Wu, awal bulan ini. Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, memperingatkan "kejutan akan bergema di seluruh dunia" jika Ukraina terancam, khususnya mengutip Taiwan.

Pada Kamis (24/2), Beijing mengirim sembilan pesawat tempur ke zona pertahanan udara Taiwan – serangan mendadak yang sedikit lebih besar dari rata-rata di antara serangan hampir setiap hari dalam dua tahun terakhir. Pada Rabu (23/3), Presiden Tsai Ing-wen memerintahkan militer dan aparat keamanan nasional Taiwan untuk meningkatkan pertahanan, pengawasan, dan sistem peringatan dini, dan untuk memperkuat tanggapannya yang sudah canggih terhadap perang kognitif.

Analis dan pengamat China mengatakan tidak mungkin serangan akan segera terjadi. Tahun ini sensitif secara politik bagi Xi dengan kongres kepemimpinan sekali dalam lima tahun, dan Taiwan lebih mudah dipertahankan daripada Ukraina dan lebih penting – secara strategis dan ekonomi – bagi kekuatan dunia seperti Amerika Serikat (AS).
“Kepemimpinan Tiongkok terus menekankan bahwa waktu ada di pihak Tiongkok untuk [penyatuan] lintas selat, bahwa tren menguntungkan Tiongkok,” kata ilmuwan Brookings Institute tentang Tiongkok dan Asia, Ryan Hass.

“Itu alibi untuk mempertahankan status quo sepanjang tahun yang penuh gejolak,” lanjutnya.

“Volatilitas internasional memaksa negara-negara untuk berbicara lebih jelas tentang pentingnya mereka melekatkan pada keamanan Taiwan,” katanya.

“Sampai batas tertentu, peristiwa menyediakan sedikit katalis untuk koordinasi,” terangnya.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network