Ramalan Gempa Turki Terjadi, Seismolog : Akan ada Gempa Besar Lagi Sampai ke Indonesia

Syarifudin
Seismolog Belanda meramalkan akan ada gempa besar lagi sampai ke Indonesia, (Foto : zeenews.india.com)


Kepala Cabang Kamchatka dari Survei Geofisika Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Danila Chebrov, mempertanyakan prediksi Hoogerbeets dan menggambarkannya sebagai "amatir".

“Hubungan antara pergerakan planet di tata surya dan aktivitas seismik di Bumi agak lemah, dan menggunakannya sebagai alat prognostik utama bermasalah," papar Chebrov.

Pada 3 Februari, Hoogerbeets mengeluarkan tweet yang berbunyi, “Cepat atau lambat akan ada gempa berkekuatan 7,5 SR di wilayah ini (Turki Selatan-Tengah, Yordania, Suriah, Lebanon).”

Tiga hari kemudian, gempa berkekuatan 7,8 SR melanda Turki dan Suriah. Bencana tersebut telah menyebabkan kematian lebih dari 50.000 orang, dengan gempa susulan yang kuat berlanjut di wilayah tersebut hingga hari ini.

Seismolog Belanda Hoogerbeets telah membuat prediksi selama bertahun-tahun yang tidak menjadi kenyataan. Mengomentari karyanya awal bulan ini, Susan Hough dari Survei Geologi AS bersikeras bahwa tidak ada ilmuwan yang “pernah meramalkan gempa bumi besar”.

Hough mengatakan kepada NPR bahwa ramalan tepat untuk gempa di Turki dan Suriah hanyalah kebetulan. “Ini jam mati yang benar dua kali sehari, pada dasarnya,” papar dia.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Kamis, 02 Maret 2023 - 05:30 WIB oleh Syarifudin dengan judul "Peramal Gempa Turki: Beberapa Hari Lagi Dunia Diguncang Gempa Besar 8 SR, Hingga Indonesia | Halaman Lengkap". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://international.sindonews.com/read/1035891/41/peramal-gempa-turki-beberapa-hari-lagi-dunia-diguncang-gempa-besar-8-sr-hingga-indonesia-1677693825?showpage=all



Editor : Muhammad Andi Setiawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network