Logo Network
Network

Kepala Kankemenag Salatiga: Kunci Keberkahan Penuntut Ilmu

Evie Yunianti
.
Selasa, 14 Juni 2022 | 13:42 WIB
Kepala Kankemenag Salatiga: Kunci Keberkahan Penuntut Ilmu
Kepala Kankemenag Salatiga, H. Taufiqur Rahman, S. Ag., M.Si. tengah memberi sambutan dan tausiyah di acara Wasana Warsa MI Ma'arif Pulutan, (Foto : Evie Yunianti)

SALATIGA,iNews.id – “Tidak ada tempat istirahat bagi orang yang punya akal dalam mencari ilmu apalagi bagi anak-anak. Mudah-mudahan ada pemimpin (yang lahir) di negeri ini, di kota ini, (alumni) dari MI Pulutan.” Terang Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, S.Ag, M.Si. dalam acara Wasana Warsa MI Ma'arif Pulutan di Hotel Laras Asri Resort & Spa, Senin (13/06/2022).

Dalam sambutan serta tausiyahnya dalam acara yang dihadiri sekitar 300 orang (terdiri dari; siswa wisudawan, orangtua/wali, guru dan karyawan dan segenap tamu undangan) beliau juga menyampaikan bahwa Raslullah SAW bersabda:

 كُنْ عَالِمًا أَوْ مُتَعَلِّمًا أَوْ مُسْتَمِعًا أَوْ مُحِبًّا وَلَا تَكُنْ خَامِسًا فَتَهْلِكَ (رواه بيهقى)

“Jadilah engkau orang yang berilmu, atau orang yang menuntut ilmu, atau orang yang mau mendengarkan ilmu, atau orang yang cinta dengan ilmu. Dan janganlah engkau menjadi orang yang kelima maka kamu akan celaka.” (HR. Baihaqi)

“Rasul SAW memerintahkan umatnya menjadi ‘Alim (orang berilmu, guru, ustad, kyai). Jika belum sanggup, jadilah Muta’allimaan (orang yang menuntut ilmu, murid, pelajar, santri) atau menjadi pendengar yang baik (Mustami’an), paling tidak menjadi Muhibban; pecinta ilmu, menyumbangkan harta, tenaga, atau pikiran, atau mendukung majelis-majelis ilmu. Jadilah salah satu dari keempat itu, jangan jadi orang yang kelima (Khoomisan), yaitu tidak jadi guru, murid, pendengar, juga tidak menjadi pecinta ilmu. Maka engkau akan rusak!” jelasnya.

Beliau mengapresiasi kegiatan wasana warsa ini sebagai acara yang dapat mengikat batin antara siswa (alumni) dengan madrasah.

Follow Berita iNews Salatiga di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update